Perempuan Harus Berpartisipasi Politik di Level Pemilu

02/05/2013 0 Comments

Banjar, (harapanrakyat.com),- Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Jawa Barat, rencananya akan menggelar kegiatan pelatihan kader politik perempuan lingkungan hidup, pada bulan Mei 2013, bertempat di aula Balai Benih Ikan (BBI) Dinas Pertanian Kota Banjar.

Hal itu disampaikan Manager Advokasi dan Kampanye Walhi Jawa Barat, Asep Nurdin, kepada HR, Kamis (25/4). Dia mengatakan, peserta kegiatan tersebut akan diikuti oleh perwakilan dari setiap desa/kelurahan se-Kota Banjar, dan perwakilan dari kabupaten/kota lain yang ada di Jawa Barat.

“Untuk peserta perwakilan dari Kota Banjar, masing-masing desa dan kelurahan mengirimkan satu orang, jadi jumlahnya 25 orang. Sedangkan perwakilan dari daerah lain masing-masing mengirimkan satu orang,” kata Nurdin.

Lanjut dia, tujuan diadakannya pelatihan tersebut yaitu untuk mempersiapkan kader perempuan yang berorientasi pada pelestarian lingkungan hidup, dan supaya mereka mampu secara aktif berpartisipasi politik di semua level pemilihan umum.

Selain itu, untuk menguatkan kemampuan telaah gender secara komprehensif pada bidang politik, dengan mengidentifikasi dan mengkaji isu-isu strategis, khususnya di bidang lingkungan hidup.

Karena, saat ini pemahaman dan wawasan politik yang dimiliki kader perempuan dianggap masih kurang terhadap dunia politik. Sangat tidak adil, dan bahkan melanggar hak asasi manusia, jika perempuan masih dimarginalisasikan, atau didiskriminasikan untuk berpartisipasi dalam lembaga-lembaga politik formal.

Kenyataan menunjukkan bahwa tingkat partisipasi dan keterwakilan perempuan di bidang politik masih sangat rendah. Dengan adanya pelatihan kader politik perempuan lingkungan hidup, diharapkan kaum perempuan mampu secara aktif berpartisipasi politik. (Eva)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply