(Pilkada Ciamis) Elektabilitas & Finansial Jadi Syarat Cabup Golkar?

16/05/2013 0 Comments
(Pilkada Ciamis) Elektabilitas & Finansial Jadi Syarat Cabup Golkar?

Ciamis,(harapanrakyat.com),-

DPD Partai Golkar Ciamis mengisyaratkan calon bupati yang diusungnya nanti merupakan calon yang paling tinggi nilai elektabiltas dari hasil survey dan memiliki keseriusan dan kesanggupan finansial dalam mengarungi pertempuran Pilkada Ciamis yang akan digelar September mendatang.

Hal itu terlihat dari tahapan penjaringan calon bupati yang dilakukan partai berlambang beringin ini. Sebelum melakuan survey terhadap sejumlah calon bupati, Partai Golkar Ciamis, Kamis (16/5), menggelar interview terhadap  5 bakal calon bupati ciamis yang lolos persyaratan verifikasi adminstrasi.

Menurut Ketua DPD Partai Golkar Ciamis, H. Engkon Komara, dalam interview tersebut, kelima bakal calon bupati Ciamis itu ditanya tentang kesiapan dan keseriusan mereka apabila diusung oleh Partai Golkar dalam Pilkada Ciamis.

 ” Ada sejumlah point yang kita tanyakan kepada 5 bakal calon bupati itu. Intinya tentang persiapan, kesanggupan dan keseriusan mereka,” ujarnya, kepada HR, d kantor DPD Partai Golkar Ciamis, Kamis (16/5).

Hasil interview ini, lanjut Engkon, nantinya akan diserahkan ke DPD Partai Golkar Jabar untuk dilakukan tahapan selanjutnya, sebelum menginjak kepada tahapan survey yang akan dilakukan oleh tim survey independent.

Sementara menurut sumber HR diinternal Partai Golkar, kesanggupan yang dimaksud Engkon adalah kesanggupan finansial untuk membiayai logistik politik dalam pertarungan Pilkada Ciamis. ” Karena tidak dipungkuri bahwa logistik sangat berperan penting, meskipun tidak mutlak menentukan kemenangan,” imbuhnya.

Sementara Sekertaris DPD Partai Golkar Slamet Triana, menambahkan, pihaknya telah melakukan interview terhadap 5 bakal calon bupati yang dilakukan secara bergiliran. Interview dilakuan dari pukul 12.00 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB.

“ Lima bakal calon yang diinterview itu, yaitu Bagus Arif Wiwaha, Endang Supardi, Iing Syam Arifin, Akasah dan terakhir Budi Kurnia. Dari hasil interview itu, kelimanya menyatakan kesiapan dan keseriusannya menjadi calon bupati,” terangnya.

Trian melanjutakan, berkas dari hasil interview kelima bakal calon tersebut akan segera diserahkan ke DPD Partai Golkar Jabar, untuk dilakuan tahapan selanjutnya.” Nanti DPD Golkar Jabar akan kembali memeriksa hasil verifikasi dan interview yang kita lakukan, dan kemudian akan dilakukan survey,” imbuhnya.

Menurut Trian, hasil survey nanti akan dijadikan acuan dalam mengusung calon bupati yang akan diusung partainya. ” Hasil survey yang dilakukan lembaga survey indenpedent nantinya akan kita umumkan kepada calon. Intinya kita akan terbuka,” ujarnya.

Namun demikan, lanjut Trian, hasil survey nantinya akan dikumulatifkan dengan hasil interview. Dan DPD Golkar Jabar pun akan melakukan verifikasi dan interview ulang sebagai tahapan lanjutan.

” Makanya seluruh berkas verifikasi dan hasil interview sudah kita serahkan ke DPD Golkar Jabar untuk bahan tahapan selanjutnya. Nah, setelah verifikasi dan innterview selesai, maka tahapan di DPD Golkar Ciamis sudah selasai,” ujarnya.

Pihaknya, lanjut Trian, kini tengah menunggu hasil tahapan di DPD Partai Golkar Jabar sekaligus menunggu siapa bakal calon bupati yang berhak memakai perahu partai beringin di Pilkada Ciamis.” Kita lihat saja hasil survey nanti dan hasil evaluasi yang dilakukan DPD Partai Golkar Jabar dan DPP Partai Golkar dalam menentukan calon bupati yang akan diusung,” pungkasnya. (es/R2)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!