Polres Ciamis Rangkul Club Motor Beri Pembinaan Berkendara

16/05/2013 0 Comments
Polres Ciamis Rangkul Club Motor Beri Pembinaan Berkendara

Ciamis,(harapanrakyat.com),-Sebagai bentuk sosialisasi keamanan berkendara sepeda motor dan sekaligus kegiatan operasi simpatik, Satuan Lalu Lintas Polres Ciamis  menggelar pembinaan terhadap sejumlah club motor Yamaha yang terdiri dari Club motor Scorpio, Jupiter, Vixion, Rx King, Byson, dan Mio. Kegiatan itu pun diikuti sedikitnya 200 anggota club motor Yamaha.

Kasatlantas Polres Ciamis, AKP Andriyanto SH.,MH.,melalui Baur SIM Polres Ciamis Aiptu Anang Tri, ketika ditemui HR disela-sela acara pembinaan, Minggu (12/05), mengatakan, pihaknya akan terus secara kontinu melakukan pembinaan ke sejumlah club motor di Ciamis demi menekan angka kecelakaan. Karena kecelakaan terjadi dari kurang tertibnya pengendara dalam  berlalu lintas yang tidak beretika.

“Operasi simpatik ini, selain menjalin silaturahmi dengan sejumlah club motor, juga untuk memberikan pembinaan dalam berkendara yang baik dan beretika
supaya bisa menjaga ketertiban dan keselamatan di saat menjalankan kendaraan,” ujarnya.

Anang juga menuturkan, selain memberikan pembinaan terhadap club motor, pihaknya juga akan memberikan pembinaan terhadap komunitas pelajar dengan harapan bisa mensosialisasikan kepada teman-temannya yang lain.

“Adanya terobosan ini, seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan yang tidak sebanding dengan insfratuktur jalan yang ada, sehingga rawan terjadinya kecelakaan. Nah, dengan adanya sosisialisasi ini, setidaknya kita bisa mengingatkan pengendera untuk selalu terbit dan memperhatikan keamaan diri saat mereka berkendara,” terangnya.

Munurut Anang, diantara penyebab utama terjadinya kecelakaan, yaitu tidak disiplinnya pengemudi, tidak memelihara jalur dan jarak aman, tidak terampil dalam berkendara, jalan licin atau rusak, kecepatan yang tinggi, ngantuk, dan mabuk akibat mengkonsumsi miras atau narkoba.

” Untuk menekan angka kecelakaan khususnya di wilayah hukum Polres Ciamis, kita  akan terus memberikan pembinaan ke sejumlah club motor, mobil, komunitas pelajar, dan masyarakat. Hal itu demi menjaga ketertiban dan keselamatan untuk mencegah hal-hal yang dapat merintangi, membahayakan keamanan dan keselamatan lalu lintas,” ujarnya.

Menurutnya, ada lima hal yang perlu dipatuhi dan jika dilanggar akan bisa mengakibatkan kecelakaan. Diantaranya, pengendara harus konsentrasi di saat sedang berkendara, harus mematuhi rambu lalu lintas, toleransi di jalan, cek ricek kendaraan secara berkala, dan menggunakan helm yang SNI (Standar Nasional Indonesia).

” Kami tegaskan 5 hal tersebut harus dipatuhi dan dijalankan oleh pengendara, terutama untuk selalu menggunakan helm SNI. Karena 80 persen dari kecelakaan yang terjadi dan mengakibatkan kematian, karena pengendara bermotor tidak memakai pelindung kepala,” pungkas Anang. (DSW/R2)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply