(Saat Terbang dari Nusawiru) Pesawat Cessna Tergelincir Hingga Terbalik

03/05/2013 0 Comments
Petugas Bandara yang dibantu Polsek Cijulang tengah mengeveakuasi pesawat Cessna yang mengalami kecelakan, di Bandara Nusawiru Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jum"at ((3/5).

Petugas Bandara yang dibantu Polsek Cijulang tengah mengevakuasi pesawat Cessna 172 yang mengalami kecelakaan, di Bandara Nusawiru Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jum”at (3/5).

Cijulang,(harapanrakyat.com),-Kecelakaan pesawat kembali terjadi. Kini pesawat jenis Cessna 172 tergelincir hingga terbalik ketika khendak terbang di Bandara Nusawiru Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, Jum’at (3/5), tepatnya pukul 08.12 WIB.

Menurut informasi yang dihimpun HR, pesawat naas itu oleng saat akan melakukan terbang. Ketika akan tuck and go, tiba-tiba pesawat tergelincir ke pinggir landasan dan hingga menyebabkan pesawat tersebut terbalik.

“Saya lihat pesawat itu sedang melakukan latihan terbang dan turun. Tiba-tiba entah kenapa sebabnya, tahu-tahu sudah ada di dekat sawah dengan posisi terbalik, dan petugas yang berada di bandara langsung mengevakuasi korban,” ungkap saksi mata yang enggan menyebutkan namanya, di lokasi kejadian, Jum’at (3/5).

Sementara tidak lama dari kejadian, petugas keamanan bandara langsung menutupi pesawat naas itu dengan terpal warna biru dan diikat dengan tali. Hal itu dilakukan guna menghindari kebocoran tabung bahan bakar jenis up gas. Karena apabila tabung bocor dan terdapat percikan api, maka pesawat itu akan meledak. Saat mengevakuasi pesawat, pihak petugas bandara dibantu oleh kepolisian setempat dari Polsek Cijulang.

Sementara itu, awak pilot pesawat, Rudy Herwin Cahyadi (21), seorang siswa Bandung Akademic Pilot langsung dilarikan ke RSUD Kota Banjar dengan keadaan luka ringan. Korban hanya mengalami luka di bagian jari tangan akibat mengalami benturan.

Selang beberapa jam dari kejadian, General Manager Bandung Pilot Academy, Marsda TNI (purn) Aditia Warman, kepada HR, mengatakan, pesawat jenis cessna 172 seri pk – iua yang mengalami kecelakan merupakan pesawat paling canggih yang dimiliki sekolah pilot Bandung. Pesawat itu buatan Amerika yang dirakit pada tahun 2011.

“Kecelakaan ini belum bisa diprediksi penyebabnya, nanti akan diturunkan tim ahli khusus untuk memeriksa ke lapangan. Karena kalau dilihat dari kondisi pesawat dalam keadaan baik, dan cuaca sangat mendukung, juga angin dalam keadaan normal,” katanya.

Menurut Aditia, kegiatan ini dalam rangka memenuhi kurikulum syllabus flight training stage yang digelar oleh Akademik Pilot Bandung selama 2 minggu di Bandara Nusawiru Cijulang. Kegiatan itu pun untuk melatih 17 siswa dari sekolah tersebut dan menggunakan 3  pesawat jenis cessna 172. (syam/R2)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply