Pasang Iklan

Warga Diminta Pilih Calon Kades Amanah

HR logo bulat

Panawangan, (harapanrakyat.com),-Dua Bakal Calon (Balon) Kepala Desa (Kades) di Sagalaherang Kec. Panawangan Kab. Ciamis diberondong sejumlah pertanyaan oleh panitia dan warga, saat mengikuti agenda wawancara (dialog) dan penyampaian visi & misi, di Bale Desa Sagalaherang, belum lama ini.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pilkades Sagalaherang, Drs. H. Bandi Heryanto M.Pd, ketika ditemui HR, beberapa waktu yang lalu. Menurut dia, agenda tersebut merupakan salah satu kesepakatan yang harus dilalui para balon kades.

Bandi menuturkan, dialog yang melibatkan masyarakat dan Balon Kades tersebut menjadi salah satu upaya warga memberikan penilaian terhadap calon pemimpin masyarakat di tingkat desa.

“Kecerdasan seseorang (Balon Kades) bisa terukur lewat acara ini. Dan tahapan ini, merujuk pada PP 72  tahun 2005,” ungkapnya.

Senada dengan itu, H. Suyud, tokoh masyarakat, mengungkapkan, agar warga (pemilih0 memiliki kriteria pemimpin yang ideal. Dengan begitu, warga/ pemilih tidak akan sulit menentukan pilihan.

“Pilih calon pemimpin yang paham tentang tugas dan kewajibannya ‘amanah’. Dan penilaiannya harus dari berbagai sisi,” katanya.

Warga yang enggan disebutkan namnya, mengatakan, pemimpin yang baik, bisa ditentukan melalui tiga faktor. Pertama, karena faktor genetis, faktor sosiologis, dan ketiga, faktor ekologis.

Sana (64), warga setempat, mengatakan, agenda penyampaian visi & misi bukan hanya ajang untuk mencari popularitas semata, melainkan harus disertai dengan implementasi (pelaksanaan).

“Siapapun nanti yang terpilih, harus sesuai dengan apa yang sudah dia sampaikan kepada masyarakat,” pungkasnya. (dji) 

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below