Aula Desa Bangbayang Cipaku Nyaris Ambruk

24/06/2013 0 Comments
Aula Desa Bangbayang Cipaku Nyaris Ambruk

Foto Ilustrasi

Cipaku, (harapanrakyat.com),-

Gedung (Aula) Desa Bangbayang, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis nyaris ambruk. Pasalnya selama hampir 29 tahun gedung itu belum tersentuh perbaikan. Kondisi atap (langit-langit) gedung lapuk dimakan usia, akibatnya ruangan tersebut terpaksa ditopang dengan penyangga.

Sobana, perangkat Desa Bangbayang, Kamis (13/6) di ruang kerjanya, mengatakan, Aula Desa Bangbayang pada tahun 1984 pernah  mendapat perbaikan. Namun, sejak  itu aula tidak pernah lagi direnovasi, alasannya lantaran terbentur biaya.

Menurut Sobana, kerusakan yang dialami gedung aula tergolong berat. Tidak jarang, pegawai dan warga Desa Bangbayang yang kebetulan berada di dalam gedung sering dihantui rasa was-was, karena takut tetimpa reruntuhan gedung.

Kades Bangbayang, Rudi Hendra, membenarkan, kondisi gedung aula desa sudah sangat mengkhawatirkan. Tidak hanya di bagian atap/ langit-langit saja, namun seluruh dinding  bangunan sudah pada retak.

Rudi menuturkan, akibat kondisi itu, pihak desa tidak pernah lagi menyelenggarakan kegiatan yang melibatkan banyak orang di gedung tersebut. Dia khawatir, jika kegiatan sedang berlangsung, tiba-tiba gedung tersebut ambruk dan memakan korban.

Kepada HR, Rudi mengaku, sebenarnya pihak desa tidak tinggal diam. Pada tahun 2011, pihaknya sudah mengajukan anggaran untuk perbaikan/ renovasi gedung aula, mulai dari tingkat kabupaten sampai ke pemerintah pusat. Hanya saja sampai sekarang pengajuan tersebut belum terrealisasi.

Rudi sangat berharap, Pemerintah secepatnya mengucurkan anggaran bantuan renovasi gedeung aula Desa Bangbayang. Dia yakin jika aula sudah diperbaiki, kekhawatiran semua pihak (Aparatur desa dan warga) bisa segera hilang. (dji/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!