(HKP Tahun 2013) Promosikan Hasil Kreatifitas Masyarakat Tani

11/06/2013 0 Comments
(HKP Tahun 2013) Promosikan Hasil Kreatifitas Masyarakat Tani

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Distan Kota Banjar, H. Basir, SP, MP., menunjukkan hasil komoditi pertanian di salah satu stand peserta HKP tahun 2013.

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka Hari Krida Pertanian (HKP) Tahun 2013, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Distan) Kota Banjar, bekerja sama dengan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) dan Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Banjar, menggelar kegiatan Temu Teknologi, Temu Usaha dan Temu Lapang Pelaku Usaha.

Kegiatan yang dimulai dari tanggal 11-14 Juni 2013, bertempat di Lapangan Olah Raga Desa Mekarharja, Kec. Purwaharja, Kota Banjar, diikuti oleh perwakilan dari kelompok tani sebanyak 208 orang, dan 625 orang petani perwakilan dari setiap desa/kelurahan, dengan dibiayai APBD Kota Banjar tahun 2013, dan sebagian dari swadaya masyarakat.

Kepala Bidang Ketahanan Pangan Distan Kota Banjar, H. Basir, SP, MP., mengatakan, kegiatan tersebut bertujuan untuk mempromosikan hasil kreatifitas masyarakat tani sebagai perwujudan rasa syukur insan pertanian.

“Maksud diadakan kegiatan Temu Teknologi, Temu Usaha dan Temu Lapang Pelaku Usaha Tani adalah untuk menjalin kebersamaan semua pihak dan stakeholder, dalam membangun pertanian di Kota Banjar menuju Banjar Agropolitan,” kata Basir, kepada HR, Selasa (11/6).

Hal itu sesuai dengan tema kegiatan, yakni ”Dengan semangat Temu Teknologi, Temu Usaha dan Temu Lapang Pelaku Usaha Tani ke-41 tingkat Kota Banjar, kita satukan langkah dan tekad untuk wujudkan masyarakat tani Kota Banjar yang mandiri, dinamis dan profesional, guna mendukung Banjar menuju Kota Agropolitan termaju di Priangan Timur Jawa Barat.”

Basir menjelaskan, kegiatan Temu Teknologiadalah mempertemukan petani dengan para petani terampil yang mempunyai kelebihan pada rekayasa teknologi yang mendukung pembangunan pertanian.

Sedangkan, kegiatan Temu Usaha yaitu untuk mempertemukan para petani dengan pihak pengusaha yang bergerak dalam bidang agribisnis, dan Temu Lapang Pelaku Usaha Tani yaitu melihat secara langsung di lapangan keberhasilan usaha tani.

Kemudian selain itu, digelar pula Temu Wicara dengan Distan, Disperindagkop, Dinas PU dan Dinas Perhubungan Kota Banjar. Kegiatan tersebut merupakan pertemuan antara petani dengan OPD yang erat kaitannya dengan pencapaian visi Kota Banjar.

“Tujuannya untuk memperluas wawasan peserta tentang kebijakan pencapaian visi Kota Banjar, meningkatkan komunikasi antara petani dan OPD, sekaligus menyampaikan berbagai aspirasi, keinginan serta gagasan dan  permasalahan yang dihadapi melalui saluran yang tepat dan cermat, sertamenumbuhkan motivasi petani supaya lebih bersemangat dalam melaksanakan dan mensukseskan visi Kota Banjar,” terangnya.

Digelar pula kegiatan pameran. Kegiatan ini untuk menginformasikan, memamerkan serta mempromosikan berbagai hasil usaha, produksi dan jasa dalam pembangunan pertanian yang diselenggarakan oleh petani, instansi terkait maupun pengusaha.

Kemudian, kegiatan bakti tani, bakti sosial, rembug tani, berbagai macam perlombaan keterampilan, ceramah keagamaan, serta kegiatan kesenian dan olah raga. “Nanti pada acara penutupan tanggal 14 Juni mendatang, kami juga akan memberikan hadiah dan bantuan kepada para peserta. Kami berharap kegiatan ini dapat berjalan lancar, dan menambah wawasan para peserta untuk diterapkan di desa masing-masing,” kata Basir.

Hal yang sama dikatakan Ketua HKP Tahun 2013, Drs. H. Toni. Dia berharap, dengan diadakannya kegiatan seperti ini Kota Banjar menjadi Kota Agropolitan terbaik di Priangan Timur.

“Dan, untuk mewujudkan hal itu tentu harus terciptanya para pelaku pertanian agar bisa bersatu dalam menjalankan program untuk bisa mencapai keberhasilan,” imbuh Toni. (Eva/R3/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply