Kota Banjar Raih Penghargaan Adipura

Kota Banjar Raih Penghargaan Adipura

Banjar, (harapanrakyat.com)-, Kota Banjar raih penghargaan Adipura untuk kategori kota kecil. Kategori tersebut berdasarkan jumlah penduduk dan luas wilayah. Penyerahan plakat Adipura akan diserahkan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono, kepada Walikota Banjar, DR. dr. H. Herman Sutrisno, MM., di Istana Negara, Senin (10/6).

Penyerahan penghargaan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup tersebut berdasarkan Keputusan Menteri Lingkungan Hidup Nomor193 tahun 2013, tentang penghargaan Adipura.

Kepala Dinas Cipta Karya, Kebersihan, Tata Ruang dan Lingkungan Hidup (DCKTLH) Kota Banjar, Drs. H. Fenny Fachrudin, BE, MM., Minggu (9/6), mengatakan, penilaian itu terdiri dari tata kelola sampah yang baik, Ruang Terbuka Hijau dan minimnya pencemaran air.

Kota Banjar masuk dalam kriteria Penerima Adipura Pertama kali. Sebanyak 33 kab/kota yang pertama kali menerima penghargaan Adipura. “Suatu kebanggaan yang sudah lama dinantikan, walaupun berharap sebelum tahun 2013, belum pernah mendapat tropy Adipura. Untuk memperoleh tropy tersebut, angka minimal yang ditetapkan 74 nilainya,” katanya.

Angka sebesar itu dulu belum dapat diraih kerena Kota Banjar saat itu masih berbenah diri. Beberapa kendalanya yaitu, dulu Kota Banjar belum punya TPA, dan pembangunan pasar. Sementara itu saat ini, angka penilaian untuk Kota Banjar lebih dari 74.

Buku profile daerah kebersihan sangat berkaitan dengan pengelolaan sampah berbasis 3R. Hal itu harus dilakukan seluruh lapisan masyarakat. Dari 10 TPS yang ada, baru 3 yang berhasil mengolah sampah sendiri. Sampah residu yang tidak bisa diolah di TPS dibuang ke TPA, dan di TPA diolah kembali dengan daur ulang, seperti sampah plastik. (Eva/R3)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles