(Meski Dirundung Masalah) Unigal Optimis Calon Mahasiswa Meningkat

05/06/2013 0 Comments
(Meski Dirundung Masalah) Unigal Optimis Calon Mahasiswa Meningkat

Kampus Unigal

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Galuh (Unigal) mengklarifikasi kekhawatiran menurunnya jumlah calon mahasiswa yang akan masuk ke Unigal. Meski Unigal sempat dirundung persoalan, panitia tetap optimis peminat calon mahasiswa yang akan masuk ke Unigal tetap stabil bahkan cenderung meningkat.

Ketua PMB Unigal, DR Apri Budianto, M.M., Senin (3/6), mengatakan, optimisme itu dibuktikan dengan jumlah pendaftar calon mahasiswa dari jalur PMDK (Penelusuran Minat Dan Kemampuan). Dia menilai, meningkatnya jumlah peminat dari jalur PMDK dibandingkan dengan tahun lalu itu, merupakan bukti kepercayaan masyarakat terhadap Unigal.

“Masih ada waktu, soalnya penutupan pendaftaran gelombang pertama masih lama, yaitu tanggal 22 Juni, dan tes pada 23 Juni 2013. Sedangkan gelombang kedua, mulai dibuka 22 Juni sampai 31 Juli 2013, dan tes 1 Agustus 2013,” ungkapnya.

Kepada HR, Apri menyebutkan, calon mahasiswa yang akan mengikuti tes, dari kategori IPS sudah mencapai 45 persen, sedangkan kategori IPA mencapai 55 persen. Dia menuturkan, Unigal terus mengembangkan program unggulan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Terlebih, tenaga pengajar di Unigal mayoritas sudah memiliki gelar S2 (magister) dan S3 (doktor).

Selain itu, imbuh Apri, Unigal juga menyediakan program beasiswa bagi mahasiswa aktif dan berprestasi. Beasiswa itu berasal dari pemerintah, negeri, swasta dan Yayasan Pendidikan Galuh (YPG).

“Itu sudah merupakan program Unigal, dan sebagai bentuk penghargaan kepada mereka yang berprestasi,” kata Apri.

Seperti dilansir di website harapanrakyat.com, Panitia PMB Unigal, Aan Anwar Sihabudin, SH,SIP, Rabu (29/5), menyebutkan, pada tahun sebelumnnya, pendaftar mahasiswa baru di Unigal mencapai lebih dari 2000 orang. Namun tahun ini, sampai akhir bulan Mei 2013, baru tercatat 1050 pendaftar.

“Sementara pelaksanaan test ujian calon mahasiswa akan segera digelar. Tentunya kondisi ini sangat jauh dibanding tahun lalu,” ujarnya.

Aan pun mengaku tidak mengetahui penyebab pasti turunnya minat mahasiswa daftar ke Unigal. “Apakah angka minat kuliah ke perguruan tinggi secara umum menurun, atau memang minat berkuliah di Unigal-nya yang menurun,” imbuhnya.

Meski begitu, kata Aan, pihak kampus akan lebih gencar melakukan promosi, bahkan akan melakukan jemput bola kepada calon mahasiswa baru. “Tapi kami masih optimis akan ada lonjakan pendaftar pada gelombang ke 2 nanti,” ungkapnya.

Sebelumnya, internal Unigal akhir-akhir ini dirundung masalah. Aksi demontrasi dari mahasiswa pun kerap bermunculan. Internal Unigal pun mulai memanas setelah muncul Kasus skandal karaoke Bupati Ciamis yang menyeret tiga mahasiswi Unigal, dan kasus dugaan korupsi Rektor Unigal yang saat ini tengah disidik Kejaksaan Negeri Ciamis. (dsw/bgj/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!