(Pilkada Ciamis) PC NU Ciamis Belum Bulat Dukung Iing

13/06/2013 0 Comments
(Pilkada Ciamis) PC NU Ciamis Belum Bulat Dukung Iing

Ciamis,(harapanrakyat.com),-

Pengurus Cabang (PC) Nahdatul Ulama (NU) Kabupaten Ciamis segera mengambil keputusan untuk mendukung salah satu kader NU yang akan berlaga di Pilkada Bupati Ciamis pada september mendatang. Meski Calon Bupati Iing Syam Arifin merupakan kader NU, namun secara kelembagaan NU belum resmi mendukung calon incumbent tersebut.

Pimpinan Rois Suriah NU Kabupaten Ciamis, KH Amir Hamzah, ketika ditemui HR Sabtu (8/5), mengatakan, sementara ini dukungan Rois Suriah belum menentukan dukungan kepada calon bupati, meski Iing merupakan salah satu kader NU.

“ Kami melihat saat ini warga NU Ciamis tampaknya belum sepenuhnya mendukung salah satu calon, termasuk kepada calon dari kader NU sendiri. Selain itu, kita juga menyaksikan di berbagai Pilkada banyak kader NU yang mencalonkan kepala daerah, namun tidak menang. Hal itu tentunya kurang dukungan dari warga NU sendiri,” ungkapnya.

Sementara untuk pencalonan Iing Syam Arifin di Pilkada Bupati Ciamis, Rois Suriah masih belum sepenuhnya mendukung. Alasannya, hingga saat ini banyak kader NU dan partai berbasis massa NU belum terlihat mendukung Iing, seperti PKB dan PPP.

Amir melanjutkan, meski Iing adalah kader NU, namun untuk dukungan pihaknya akan menunggu hasil keputusan rapat NU, sehingga kader NU yang diusung benar-benar mendapat dukungan penuh dari warga NU dan memenangi Pilkada Ciamis.

“ Jika dukungan yang diberikan hanya sebatas dukungan saja, jelas kader NU yang mencalonkan diri dalam Pilbup mendatang tidak akan menang. Artinya, kader NU tersebut harus didukung oleh parpol yang berbasis massa NU, agar seluruh dukungan dari akar rumput NU mengalir ke calon tersebut,”katanya.

Hal lain diungkapkan Ketua Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Kecamatan Panjalu, Buya. Dia mengatakan, sangat merespons Iing Syam Arifin untuk maju dalam pemilihan Bupati Ciamis.

Buya juga mengklaim, seluruh Ketua MWC NU di seluruh Kabupaten Ciamis, sudah bulat memberikan dukungan kepada Iing yang merupakan kader NU satu-satunya yang memiliki pengalaman pemerintahan dan birokrasi.

“ Dengan pengalaman yang dimiliki Iing sekarang ini, maka sudah layak kader NU menjadi seorang pemimpin di Ciamis. Mengingat hal itu, maka dukungan seluruh MWC sudah diberikan sepenuhnya demi kepada Iing,” katanya

Sementara itu, Ketua DPC PKB Kabupaten Ciamis, Ahmad Irfan Alawi, mengatakan, meski PKB merupakan parpol berbasis akar rumput NU, namun hingga saat ini belum menentukan sikap dukungan kepada siapapun, termasuk kepada Iing. Karena pihaknya hingga saat ini masih mengamati perkembangan politik Pilkada Ciamis. (es/Koran HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!