(Prodi Akuntansi Unigal) Perkenalkan Model Pembelajaran ‘Mnemonic’

29/06/2013 0 Comments
(Prodi Akuntansi Unigal) Perkenalkan Model Pembelajaran ‘Mnemonic’

Kampus Unigal Ciamis

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Workshop Sehari ‘Pengembangan Model Pembelajaran Mnemonic pada Mata Pelajaran Ekonomi / Akuntansi’ yang digelar Program Studi Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Galuh (Unigal) berlangsung meriah, Minggu (23/6), di Gedung Auditorium Unigal.

“Sekitar 404 mahasiswa Prodi Akuntansi, mulai dari tingkat satu sampai tingkat empat, wajib mengikuti seminar tersebut,” kata Ade Suherman, S.Pd, M.Pd, Ketua Panitia Seminar.

Ade mengatakan, keberhasilan belajar siswa salah satunya dapat dipengaruhi oleh penggunaan model pembelajaran yang tepat. Karena model pembelajaran yang tepat dapat memudahkan siswa menerima pembelajaran dan bisa mengurangi kesulitan dalam belajar.

Menurut Ade, model pembelajaran berfungsi sebagai pedoman bagi perancang pembelajaran (Guru), dalam melaksanakan pembelajaran. Salah satu model pembelajaran terbaru adalah model pembelajaran mnemonic.

Strategi mnemonic ini, kata Ade, merupakan cara untuk pengkodean, sehingga dapat membantu proses penyimpanan dan mengingat kembali, baik dalam ingatan jangka panjang, maupun jangka pendek.

Sistem pembelajaran tersebut, imbuh Ade, memungkinkan untuk siswa, guru dan siapapun, untuk menyimpan infromasi di dalam memori (otak). Melalui hal itu, siswa, guru dan siapapun bisa dengan mudah mengingat kembali informasi yang sudah disimpan di dalam memori.

Ade menambahkan, dalam teknik mnemonic atau membantu daya ingat, fungsi otak kanan diaktifkan.  Di tingkat anak-anak, mereka dilatih membuat suatu cerita, berimajinasi, lagu atau irama dan gambar, agar suatu materi menjadi lebih unik, menarik dan menyenangkan.

“Model pembelajaran mnemonic ini juga mulai diperkenalkan kepada mahasiswa Prodi Akuntansi, melalui kegiatan Seminar Sehari,” ujarnya.

Ketua Prodi Akuntansi, Tati Heryati, Dra., MM, M.Pd, ketika dimintai tanggapan, mengaku sanagt mengapresiasi kegiatan workshop sehari tersebut. Pasalnya, narasumber yang dihadirkan cukup mahir dan berpengalaman di bidangnya.

“Pematerinya dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Semoga bermanfaat bagi semua mahasiswa,” pungkasnya. (deni/Koran-HR)   

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply