Pemkab Ciamis Diminta Segera Serahkan Asset Kabupaten Pangandaran

Pemkab Ciamis Diminta Segera Serahkan Asset Kabupaten Pangandaran

Kantor Camat Parigi yang akan dipersiapkan untuk Kantor Penjabat Bupati Pangandaran. Sejumlah kantor pemerintahan di wilayah Kabupaten Pangandaran, merupakan salah satu asset Pemkab Ciamis yang akan dilimpahkan ke Kabupaten Pangandaran. Foto: Istimewa

Parigi, (harapanrakyat.com),-

Agar roda pemerintahan dapat berjalan dengan maksimal, Pj. Bupati Kabupaten Pangandaran, Endjang Naffandy, menginginkan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis sebagai kabupaten induk, segera melakukan penyerahan asset kepada Kabupaten Pangandaran.

Namun, penyerahan aset Kabupaten Pangandaran dari kabupaten induk direncanakan baru dapat dilakukan pada Januari 2014. Hal itu dikarenakan setelah adanya sensus barang yang dilakukan Pemkab Ciamis beberapa waktu lalu.

“Sebenarnya Kabupaten Pangandaran menginginkan penyerahan dapat dilakukan segera. Tapi hal itu belum dapat terealisasi, alasannya karena akan ada sensus barang oleh BPK. Maksudnya Pemkab Ciamis menginginkan data yang akurat pada penyerahan nanti,” kata Endjang, Selasa, pekan lalu.

Dia juga menyebutkan, bahwa sensus barang baru akan selesai pada Oktober 2013. Dengan demikian, maka penyerahan asset diprediksikan baru dapat dilakukan Januari 2014. Meski begitu, saat ini dirinya mengaku akan melakukan sistem pinjam pakai asset tersebut kepada Pemkab Ciamis. Tujuannya agar roda pemerintahan dapat tetap berjalan maksimal.

Sedangkan, mengenai penyerahan Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari kabupaten induk kepada Kabupaten Pangandaran sudah dilakukan. Kemudian, Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) pun telah mendapat persetujuan, dan ditandangani oleh Kementrian Pemberdayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, serta Kementrian Dalam Negeri.

“Jadi sudah lengkap. Sekarang sedang disiapkan mengenai sarana prasarana yang saat ini dipinjam pakai istrilahnya. Jangan sampai kita lantik SOPD, dan masuk ke kantor, ternyata masih milik Kabupaten Ciamis,” kata Endjang.

Sebelumnya, dari data nilai asset Kabupaten Ciamis berdasarkan sensus barang tahun 2010, rekonsiliasi asset tahun 2011 dan neraca keuangan per 31 Desember 2012, dana asset keseluruhan sebesar Rp.4.137.351.003.179.

Dari jumlah tersebut akan akan ada yang diserahkan ke Daerah Otonom Baru (DOB) Kabupaten Pangandaran, yakni sebesar Rp.1.068.134.563.228. Dengan demikian, maka asset Pemkab Ciamis adalah Rp.3.069.216.469.951. (Syam/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles