(Akibat Banjir & Kirmir Tak Berfungsi) Sejumlah Ruas Jalan di Pangandaran Rusak

13/07/2013 0 Comments
(Akibat Banjir & Kirmir Tak Berfungsi) Sejumlah Ruas Jalan di Pangandaran Rusak

Ruas Jalan di Blok Belengbeng, Dusun Margacinta, Desa Margacinta Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, tampak tergenang air setelah banjir melanda daerah tersebut. Kondisi itu diperparah dengan tidak berfungsinya saluran air atau kirmir, sehingga mengakibatkan kerusakan ruas jalan. Foto: Syamsul Maa’rif/HR

Cijulang,(harapanrakyat.com),-

Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Pangandaran dalam waktu tiga hari terakhir ini dan mengakibatkan banjir, membuat sejumlah infrastruktur jalan di daerah tersebut banyak yang terendam banjir.

Kondisi itu tampaknya diperparah oleh banyaknya kirmir jalan yang tidak terawat, sehingga mengakibatkan saluran air yang mengalir tidak lancar dan meluap ke jalan raya. Hal itu salah satunya terlihat di sekitar jalur Blok Belengbeng, Dusun Margacinta, Desa Margacinta Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran.

Jitun (50), warga setempat, mengatakan, dengan terjadinya banjir di beberapa dearah di Kabupaten Pangandaran dalam tiga hari terakhir ini, membuat sejumlah ruas jalan mengalami kerusakan. Penyebab utama terjadinya kerusakan jalan tersebut, salah satu faktornya yakni buruknya saluran pembuangan air atau kirmir, sehingga air banyak yang menggenang di sejumlah ruas jalan.

“Ketika air lama menggenangi jalan, dari situlah awal penyebab kerusakan jalan, karena aspal tidak tahan dengan air yang menggenang tersebut,” katanya.

Karenanya, lanjut dia, pemerintah harus memperhatikan kondisi tersebut dengan melakukan peningkatkan pemeliharaan kirmir atau drainase yang terdapat di seluruh ruas jalan.

“Kita berharap ada perhatian penuh dari pemerintah untuk pemeliharaan kirmir ini. Karena kalau hujan mengguyur seperti sekarang ini, sering kali mengakibakan banjir dan air pun meluap. Dengan kondisi itu ruas jalan akan rusak, karena seringnya tergenang air,” pungkasnya. (Syam/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!