Gula Kelapa Potensi Terbesar di Kujangsari Langensari

11/07/2013 0 Comments
Gula Kelapa Potensi Terbesar di Kujangsari Langensari

Foto Ilustrasi Gula Kelapa

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Kepala Desa Kujangsari, Siti Aisyah

Kepala Desa Kujangsari, Siti Aisyah. Foto: Deni Supendi

Mayoritas warga Desa Kujangsari, Kecamatan Langensari, Kota Banjar adalah petani gula kelapa. Hal itulah yang kemudian menjadi dasar bagi pemerintahan desa, ingin mengembangkan usaha yang selama ini menjadi penopang warganya.

Kepala Desa Kujangsari, Siti Aisyah, Jum`at (5/7), membenarkan, sebagian besar warga Desa Kujangsari bermata pencaharian sebagai petani gula. Aisyah mengaku, Desa ingin berupaya untuk membantu mengembangkan usaha gula yang dilakoni warga.

“Salah satunya, ada keinginan agar petani gula bisa menjalin kerjasama dengan perusahaan besar, sekelas perusahaan kecap ternama. Soalnya, selama ini mereka hanya menjual produk gula kepada pengepul,” katanya.

Menurut Aisyah, sektor usaha petani gula tersebut juga berpotensi menjadi sumber keuangan bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). Hanya saja, Desa belum punya aturan main untuk menjadikan usaha gula tersebut sebagai salah satu sumber PAD.

Lebih lanjut Aisyah menuturkan, pengembangan usaha tersebut merupakan salah satu program yang sudah diagendakan oleh pemerintahan Desa Kujangsari. Tidak hanya itu, banyak program-program lain yang sudah teragendakan untuk direalisasikan pihak desa.

Pada kesempatan yang sama, Aisyah juga menyebutkan, Kujangsari sudah beberapa kali mendapat penghargaan. Diantaranya, penghargaan pada kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP), penghargaan untuk pembayaran PBB terbaik tingkat Kota Banjar, dan masih banyak yang lainnya.

Aisyah menambahkan, Desa Kujangsari memiliki Luas Wilayah 421 Hektar, yang meliputi 5 Dusun, Dusun Citangkolo 74,740 ha, Dusun Cijurey 52,790 ha, Dusun Sindangasih 99,150 ha, Dusun Kalapasabrang 89,160 ha, dan Dusun Sindangmulya 89,410 ha.

Secara Geografis, Desa Kujangsari memiliki posisi strategis dengan jarak ke Ibu Kota Kecamatan 6 KM dengan batas-batas,  Sebelah Utara, Kel. Bojongkantong Langensari, Sebelah Timur Desa Kalapasawit Lakbok Ciamis, Sebelah Selatan Desa Puloerang Lakbok Ciamis, Sebelah Barat Desa Mulyasari Pataruman.

Kemudian secara topografi, Desa Kujangsari ini berada di atas ketinggian 30 meter diatas permukaan air laut, dengan rincian, luas lahan pekarangan 215.58 ha, Sawah 198.420 ha, dan Kolam 6.980 ha.

“Jangan salah, di Kota Banjar, jumlah penduduk Desa Kujangsari merupakan paling banyak atau terpadat,” pungkasnya Aisyah. (deni/Koran-HR)  

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply