Kantor OPD Pangandaran Masih Numpang di Aset Pemkab Ciamis

18/07/2013 0 Comments
Kantor OPD Pangandaran Masih Numpang di Aset Pemkab Ciamis

Kantor Camat Parigi yang diproyeksikan sebagai Kantor Penjabat Bupati Pangandaran. Foto: Istimewa

Parigi, (harapanrakyat.com),-

Penjabat Bupati Pangandaran, DR. Drs. H. Endjang Naffandi, M.SI, mengatakan, setelah melantik 389 pejabat Pemkab Pangandaran, dengan begitu pemerintahan baru akan segera berjalan. Pejabat yang dilantik ini nantinya akan ditempatkan di 13 Kantor OPD (Organisasi Perangkat Daerah), yang dimana kantornya masih menumpang di aset bangunan Pemkab Ciamis.

“Karena sampai saat ini penyerahan aset dari kabupaten Induk ke DOB Pangandaran, belum dilakukan. Karenanya, kita numpang dulu,” kata Endjang, usai melakukan pelantikan pejabat Pemkab Pangandaran, Selasa (16/7).

Menurut Endjang, untuk struktur pemerintahan di Sekretariat Daerah (Setda) akan ada dua asisten, yaitu Asisten Pemerintahan dan Administrasi (Asda I). Asda I membawahi empat bagian, yaitu Bagian Pemerintahan,  Bagian Hukum dan Organisasi, Bagian Kepegawaian, dan Bagian Umum.

Kemudian Asisten II membawahi tiga bagian, yaitu Bagian Perekonomian, bagian Pembangunan, dan Bagian Kesejahteraan Rakyat. “Untuk urusan kepegawaian ditangani oleh Kabag Kepegawaian di Setda. Karena jumlah PNS di Pangandaran belum banyak, jadi cukup ditangani oleh pejabat setingkat Kabag. Sementara bangunan untuk kantor Setda Pangandaran, akan memakai kantor KUD Minapari Parigi, “ terang Endjang.

Adapun untuk dinas, kata Endang, ada tujuh dinas, diantaranya Dinas Pendidikan, Kebudayaan,
Pemuda  dan Olahraga yang rencananya akan menggunakan bangunan kantor Eks UPTD Pendidikan Kecamatan Cijulang. Sedangkan untuk Dinas Kesehatan akan menggunakan Eks Puskesmas Kecamatan Cijulang.

Sementara untuk kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigarasi akan menggunakan Rumah Dinas Camat Pangandaran. Kemudian kantor Dinas Pariwisata, Perindustrian, Perdaganganan, Koperasi dan UMKM akan menggunakan Mes Kesehatan Pangandaran.

Adapun untuk Kantor Dinas Pekerjaan Umum, Perhubungan, Komunikasi dan Informatika akan menggunakan bangunan Eks UPTD Ciptakarya, Binamarga, dan Dishub Pangandaran.  Sedangkan untu kantor Dinas Kelautan, Pertanian dan Kehutanan akan menggunakan bangunan Eks UPTD Bina Marga Cijulang.

Untuk kantor Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah akan menggunakan bangunan Eks UPTD DPPKAD Cijulang. Sedangkan untuk lembaga teknis daerah, Endjang mengatakan akan ada empat, yaitu Inspektorat yang akan bertempat di UPTB KBPM Parigi.

Sedangkan untun kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) akan menggunakan kantor PPI Bojongsalawe Parigi. Sementara kantor Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Kependudukan Keluarga Berencana Pemberdayaan Masyarakat, dan Pemerintahan Desa, akan menggunakan Rumah Dinas Camat Parigi.

Ada pun untuk kantor Badan Kesatuan Bangsa, Politik, Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana, akan menggunakan bangunan Eks UPTD Kehutanan dan Perkebunan Pangandaran.

Endjang mengatakan, setelah pelantikan pejabat di Pemkab Pangandaran ini, seluruh data lokasi untuk gedung pemerintahan Kabupaten Pangandaran diharapkan bisa diketahui oleh masyarakat. Hal itu  agar dalam pelayanannya ke depan masyarakat tidak bingung ketika mencari alamat kantor tersebut.

Endjang menambahkan, PNS yang dilantik saat ini merupakan pelimpahan dari Pemkab Ciamis yang menyerahkan sebanyak 389 personil untuk menempati posisi jabatan di 13 OPD Pemkab Pangandaran, diantaranya eselon 3 sebanyak 78 orang, eselon 4 sebanyak 287 orang, dan eselon 5 sebanyak 24 orang. (Syam/Koran-HR)

 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!