Kikim: Partisipasi Masyarakat di Pilkada Ciamis Harus Meningkat

15/07/2013 0 Comments
Kikim: Partisipasi Masyarakat di Pilkada Ciamis Harus Meningkat

Ketua KPUD Ciamis, Kikim Tarkim, S,Ag.,M.Si, saat menggelar sosialiasi Pilkada Ciamis di Kecamatan Tambaksari, Kabupaten Ciamis, pekan lalu. Foto: Deni Supendi/HR

Tambaksari,(harapanrakyat.com),-

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ciamis menargetkan partisipasi masyarakat dalam Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Bupati & Wakil Bupati Kabupaten Ciamis tahun 2013 meningkat.

Hal itu disampaikan Ketua KPUD Ciamis, Kikim Tarkim, S,Ag.,M.Si, ketika ditemui HR, sesuai acara sosialisasi perdana Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati atau Pilkada Kabupaten Ciamis tahun 2013, di Lapangan Desa Mekarsari Kecamatan Tambaksari, Jum`at (5/7).

“Insyalloh, target kita untuk partisipasi masyarakat pada Pilkada Ciamis kali ini diatas Pilkada sebelumnya, yang hanya mencapai 73 persen. Dan kita akan berupaya diatas angka itu,” katanya.

Untuk mencapai target tersebut, kata Kikim, KPUD Ciamis akan terus melakukan kordinasi dankomunikasi dengan berbagai kalangan, yang salah satunya dikemas dengan menggelar sosialisasi.

Pada kesempatan itu, Kikim menuturkan, kegiatan sosialisasi yang digelar di Tambaksari merupakan program sosialisasi perdana, tentang Pemilukada Kabupaten Ciamis tahun 2013, di Daerah Pemilihan (Dapil) 3.

“Pesertanya, Camat, PPK & PPS se-Dapil 3 (Panawangan, Rajadesa, Jatinagara, Rancah, Sukadana, Cisaga, dan Tambaksari),” ungkapnya.

Lebih lanjut, Kikim menjelaskan, konsep sosialisasi tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Konsepnya, kata dia, sosilaisasi tersebut dikemas melalui pementasan seni dan budaya.

“Di Tambaksari, kita bekerjasama dengan Paguyuban Rineka Seni Surya Gumilang. Sedangkan untuk sosialisasi di empat titik lainnya (Kawali, Panumbangan, Banjarsari dan Pangandaran), masih belum kita tentukan,” katanya.

Kikim beralasan, pementasan seni & budaya merupakan suatu hal yang sangat digemari dan lebih memasyarakat. Dia berharap, dengan alasan itu, banyak masyarakat yang hadir dan menyimak materi sosialisasi yang dibawakan KPUD.

“Dan akhirnya, partisipasi masyarkat dalam Pilkada akan meningkat,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Camat Tambaksari, Drs. H. Nandang Maheryanto, M.Si, berharap, khusus untuk Dapil 3, partisipasi masyarakat harus bisa mencapai angka 80 persen. “Kalau bisa khusus di Dapil 3, targetnya sampai 80 persen,” katanya.

Menurut Nandang, kendala selama ini adalah banyak diantara pemilih yang berada di luar kota, sehingga penyelenggara kesulitan melibatkan mereka untuk berpartisipasi, menggunakan hak pilih mereka.

“Upaya kita, yaitu menghimbau kepada masyarakat, agar mereka yang berada di perantauan dikasih tahu dan diajak untuk menggunakan hak pilih mereka pada 22 September mendatang,” ungkapnya. (deni/Koran-HR)

 

 

 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!