Pangandaran Bangun Pelabuhan,12 Penduduk Diminta Hengkang

24/07/2013 0 Comments
Pangandaran Bangun Pelabuhan,12 Penduduk Diminta Hengkang

Kabupaten Pangandaran akan segera memiliki pelabuhan nasional. Lokasinya di Bojongsalawe, Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi. Foto: Syamsul Maarif/HR

Parigi, (harapanrakyat.com),-

Kabupaten Pangandaran akan segera memiliki pelabuhan nasional, yang berlokasi di Bojongsalawe, Desa Karangjaladri Kecamatan Parigi. Pengembangan sarana dan prasarana angkutan laut tersebut rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 3,5 hektare yang diperoleh dari kabupaten induk.

Hal itu diungkapkan  petugas Kesyahbandaran Kabupaten Pangandaran, Suherdin,  Rabu (17/7). Saat ini, proses pembangunan telah memasuki tahap pemasangan tiang pancang atau pasak bumi berdiameter 80 cm dengan tinggi 9-12 meter.

Suherdin menambahkan, sebenarnya untuk ukuran pelabuhan nasional luas normalnya adalah 30 hingga 50 hetare. Oleh karena itu, pihaknya akan segera berkoordinasi dengan Kepala Syahbandar Pangandaran untuk berkonsultasi dengan Pj. Bupati terkait hal ini.

“Selain ukuran luas lahan yang minim, kami pun akan berkonsultasi terkait masalah penanganan 12 rumah penduduk yang menempati lokasi sebelah barat areal tersebut. Mudah-mudahan mereka mau mengerti dan mau pindah dari lokasi tersebut sesuai dengan komitmen awal,” katanya.

Suherdin menegaskan, pada komitmen awal, mereka siap keluar dari lokasi tanpa meminta ganti rugi apapun karena rumah yang mereka dirikan berada di atas lahan milik negara. Karenanya, kata Herdin, mau tidak mau mereka harus legowo.

Terkait tenaga kerja untuk bongkar muat pelabuhan, Suherdin juga mengharapkan, akan mengambil tenaga dari warga setempat dan tidak menutup kemungkinan dari masyarakat yang ada di kabupaten Pangandaran. Dia pun menyarankan kepada warga setempat mulai sekarang harus belajar dan berlatih dalam hal keterampilan yang menyangkut bongkar muat, seperti mengoprasikan forklift, administrasi atau petugas bongkar muat. (Syam/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!