Pemohon Kartu Tenaga Kerja Dipastikan Melonjak Pasca Lebaran

20/07/2013 0 Comments
Pemohon Kartu Tenaga Kerja Dipastikan Melonjak Pasca Lebaran

Foto Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pasca Lebaran tahun ini, dipastikan jumlah pemohon AK1, atau kartu kuning tenaga kerja akan mengalami peningkatan yang signifikan dibanding hari-hari biasa. Lonjakan tersebut biasanya dipengaruhi kecenderungan perusahaan swasta yang membuka lowong pekerjaan setelah Lebaran.

Menurut Kabid. Tenaga Kerja Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Banjar, Wasino, mengatakan, meningkatnya pemohon kartu AK1 pasca Lebaran juga terjadi akibat banyak warga yang ingin mencari pekerjaan ke luar daerah.

“Biasanya pulang dari kampung sehabis Lebaran, mereka akan mengajak teman atau saudaranya untuk bekerja di kota, dimana warga tersebut bekerja. Sehingga, jumlah pemohon kartu kuning selalu meningkat cukup signifikan setelah Lebaran,” ujar Wasino, Senin (15/7).

Apalagi pada saat tahun ajaran baru sekolah. Para lulusan sekolah menengah yang tidak melanjutkan pendidikan biasanya menyiapkan kartu kuning untuk melamar pekerjaan. Pada moment tersebut, permohonan mencapai ratusan kartu.

Dengan demikian, maka ada dua moment yang bisa terlihat terjadi fluktuatif cukup signifikan, yakni pasca kelulusan sekolah dan setelah Lebaran. Bila dihitung jumlah kumulatif pemohon tidak jauh diangka sekitar 3 ribuan per tahunnya.

“Berdasarkan data dari Dinas Pendidikan Kota Banjar, bahwa pada masa kelulusan sekolah tahun ini sebanyak 30 persen lulusan SLA yang melanjutkan sekolah, dan 70 persennya masuk ke dunia kerja, baik itu terserap di perusahaan swasta yang ada di Banjar maupun luar daerah, khususnya lulusan dari SMK,” katanya.

Kemudian, lanjut Wasino, menjelang bulan Ramadhan sebetulnya terlihat pula peningkatan pemohon AK1, namun jumlahnya tidak terlalu menonjol. Pada saat itu lowongan pekerjaan yang nge-trend di sektor perdagangan, seperti toserba.

Meski kerjanya sistem kontrak selama 3 bulan, yakni terhitung sebelum puasa dan setelah Lebaran, tapi banyak diminati para pencari kerja, khususnya mereka yang baru lulus SMA/SMK.

Sementara itu, berdasarkan data pencari kerja/pemohon kartu AK1 yang tercatat di Dinsosnaker Kota Banjar, selama bulan Mei 2013 jumlahnya mencapai 375 orang, dan pada bulan Juni sebanyak 328 orang. Jumlah tersebut akan meningkat tajam di bulan Agustus mendatang. (Eva/Koran-HR)

 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!