(Pilkada Ciamis) Calon Bupati Mulai ‘Blusukan’ Tarik Simpati Massa

10/07/2013 0 Comments
(Pilkada Ciamis) Calon Bupati Mulai ‘Blusukan’ Tarik Simpati Massa

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Setelah sejumlah calon bupati-wakil bupati Ciamis melakukan pendaftaran ke KPUD Ciamis, pekan lalu, ternyata tidak nunggu berlama-lama untuk segera ‘tempur’ ke lapangan meraih simpati masyarakat. 3 kandidat ini sudah tampak trengginas  “blusukan” ke kantong pemilih maupun kantong potensial pemilih di berbagai lapisan masyarakat.

Sebut saja Budi Kurnia, calon dari “Bumi” ini, tampak getol mendatangi perhelatan Budaya. Budi  terlihat selalu ada di kegiatan budaya. Baik Sarasehan maupun pagelaran budaya.  Budi terlihat hadir di acara Sarasehan Sejarah dan nilai –nilai Galuh di Auditorium Unigal pada hari Sabtu (6/7) lalu.

Bersama para mahasiswa, seniman dan budayawan serta LSM Budaya, Budi dengan penampilan khasnya, yakni baju putih dengan berbalut pin kujang serta celana pangsi dan tas Badui.

Masih dengan penampilan serupa, Budi pun hadir di acara munggahan Musalin, di situs Budaya Salawe, Cimaragas, Minggu (07/07) lalu. “Saya akan selalu mengapresiasi setiap kegiatan budaya. Karena ini sebagai suatu tatanan nilai yang harus dilestarikan. Kalau nilai budaya di masyarakat sudah tidak ada, lantas apa yang mau dibanggakan?” ujarnya.

Budi juga selalu berucap jika dirinya terpilih akan memperhatikan potensi kebudayaan sebagai prioritas pembangunan. “Termasuk sarananya, seperti akses jalan bisa mendatangkan PAD  kalau kita jeli melihatnya,” ujar  alumni HMI yang dikenal dekat dengan Bupati Purwakarta  Dedi Mulyadi ini.

Lain “Bumi” lain pula “Sajiwa”, “Sajiwa” yang mengusung H. Iing syam Arifien sebagai Calon Bupati ini, terlihat pada hari Sabtu (6/7) menghelat acara Silaturahmi Alumni APDN dari berbagai angkatan di Gedung Puspita Ciamis. Dalam kesempatan tersebut hadir pula Dany Setiawan sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKA PTK) Jabar.

Iing sebagai Ketua Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKA PTK) Ciamis  mewanti-wanti bahwa 62 alumni IPDN  yang sudah pensiun dan 60 orang APDN yang masih bertugas di birokrasi Ciamis untuk  tidak ekslusif di tengah birokrasi dan masyarakat.

“Perbanyak silaturahmi, apalagi menjelang bulan ramadhan ini,” ucapnya dalam sambutan.

Dari sumber yang enggan dikorankan yang hadir dalam acara tersebut, diketahui bahwa  alumni IPDN Ciamis sangat kompak dalam menjalin silaturhami antar anggota, mulai dari kegiatan arisan hingga olahraga.

Sementara itu, saat rapat tim gabungan Parpol pengusung (Golkar, PDIP, PPP) pasangan “Sajiwa”, di Gedung Golkar Ciamis, Minggu (7/7), Calon Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin dalam pidatonya mengatakan, banyak pihak yang ingin memecah belah pasangan “Sajiwa”, bahkan hal itu sudah dilakukan jauh sebelum pemaketan dan juga ketika pendaftaran ke KPU.

“Banyak sekali orang yang tidak suka terhadap saya, karena berpasangan dengan Pak Jeje di Pilkada sekarang, termasuk calon-calon yang pernah mendatangi saya di rumah dinas, akan tetapi sesuai dengan komitmen saya, tetap berpasangan dengan Jeje,” ungkapnya.

Menurut Iing, terjadinya pasangan “Sajiwa” sudah dirancang dalam waktu lama, hampir tiga tahun, sehingga berbagai rintangan dan masalah yang menimpa bisa dilalui dengan kuat dan penuh keyakinan, ditambah dengan dukungan tiga partai besar.

“Tiga partai orde baru sekarang bersatu demi membangun tatanan Ciamis yang lebih baik. Sebab saya dilahirkan pada masa itu yang banyak nilai positifnya, ketimbang orde reformasi sekarang ini,” pungkasya

Sementara itu, Cawabup Ciamis, Jeje Wiradinata menegaskan, selama tiga tahun menjalin komunikasi dengan Iing, banyak ide, gagasan dan konsep besar agar Kabupaten Ciamis memiliki lompatan besar secara gradual. Namun jalannya pemerintahan nanti, tetap harus ditopang oleh kekuatan partai.

“Kekuatan penuh partai politik tidak hanya akan memenangkan Pilkada, tapi juga menopang jalannya pemerintahan nanti ke arah yang lebih baik,”ujarnya.

Sementara itu, Pengasuh Pesantren Al-Hasan, KH. Syarif Hidayat berharap setiap partai pengusung mampu memperkuat anggota dan simpatisannya untuk bersama-sama mendukung pasangan “Sajiwa”.

“Meski sudah hampir  99,9 % pondok pesantren dan para alim ulama mendukung pasangan “Sajiwa”, namun jangan sombong. Tapi harus tetap mendekati masyarakat untuk memenangkan Pilkada Ini,” ujarnya.

Bagimana dengan Berkah? Kandidat Wabup dari Berkah, H. Akasah , MBA yang dihubungi HR via telepon selulernya, Selasa ( 09/07), mengatakan, pihaknya akan mengadakan “Tarling” (Teraweh Keliling) ke berbagai pelosok di Kabupaten Ciamis dalam Ramadhan kali ini.

“Kami dari Berkah, saya dan Pak Bagus juga akan turun ke pasar-pasar, karena kami sadar sensitivitas kenaikan BBM dan kenaikan harga barang pokok saat ini berdampak. Kami pun akan jalin komunikasi dengan para pedagang, termasuk para sopir dan pelaku UMKM, ” ungkapnya.

Akasah juga mengatakan, pihaknya pun akan terus melakukan komunikasi dengan masyarakat yang diberi bantuan BLSM.“ Akan kami lakukan dialog juga dengan masyarakat penerima BLSM ini,” pungkasnya. (DK/es/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply