(Pilkada Ciamis) Tinggal Beberapa Jam Lagi, PKS dan Demokrat Belum Tentukan Sikap

01/07/2013 0 Comments
(Pilkada Ciamis) Tinggal Beberapa Jam Lagi, PKS dan Demokrat Belum Tentukan Sikap

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Meski penutupan pendaftaran calon bupati-wakil bupati Ciamis tinggal beberapa jam lagi, namun Partai Demokrat dan PKS hingga saat ini belum menentukan arah politiknya apakah akan mengusung calon yang sudah ada atau dua partai tersebut berkoalisi mengusung pasangan sendiri.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu ( Bapilu) DPD PKS Kabupaten Ciamis, Didi Sukardi, mengatakan, pihaknya saat ini tengah menunggu keputusan Partai Demokrat mengenai tawaran koalisi yang sudah dibahas sebelumnya.

“ Kita dari PKS sudah bertemu langsung dengan Ibu Irma (Ketua Demokrat Ciamis), untuk membahas adanya kemungkinan berkoalisi. Hanya, kalau koalisi dengan Demokrat terjadi, maka diposisi wakil-nya harus dari kader PKS,” ujarnya, kepada HR, Senin (1/7).

Menurut Didi, hingga saat ini lobi dengan Partai Demokrat masih berlangsung. Dan pihaknya masih menunggu hingga penutupan pendaftaran calon bupati- wakil bupati yang ditutup oleh KPUD pada jam 16.00 WIB, hari ini. “ Lihat saja nanti, detik-detik terakhir menjelang penutupan, konstelasinya sepert apa,” katanya.

Kata Didi, pihaknya saat ini sudah membuat 3 opsi. Pada opsi pertama masih menunggu respons Partai Demokrat untuk berkoalisi, tetapi dengan syarat calon wakil bupati-nya harus dari kader PKS. Opsi kedua, jika koalisi dengan Partai Demokrat ternyata tidak terjadi, maka PKS akan ikut mengusung pasangan calon yang sudah ada.

“ Nah, opsi ke 3, tidak akan mengusung calon dan tidak akan mendukung calon manapun. Tetapi, akan memberikan kebebasan kepada kader PKS untuk bebas memilih calon bupati-wakil bupati yang sudah ada. Hanya, kita berharap koalisi dengan Demokrat bisa terjadi,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua DPD PKS Kabupaten Ciamis, Mamat Rahmat, mengatakan, pihaknya sudah mendapat arahan dari DPW PKS Jabar dalam menentukan sikap politik dalam Pilkada Ciamis. Namun, ketika ditanya arahan apa yang disampaikan DPW PKS Jabar, Mamat belum bersedia membocorkan. “ Belum bisa saya sampaikan sekarang. Tunggu saja nanti sampai jam 4 sore hari ini, “ katanya.

Sementara itu, menurut pengurus DPC Partai Demokrat Ciamis, saat ini seluruh pengurus Partai Demokrat tengah membahas sikap yang akan diambil oleh partai berlambang mercy ini.

“Jam 10 siang hari ini kita akan menggelar rapat untuk menentukan sikap politik pada Pilkada Ciamis. Yang pasti, kita belum menentukan apakah akan mengusung paket murni, berkoalisi dengan PKS atau ikut mendukung calon dari partai lain. Keputusannya setelah rapat ini,” terang pengurus Partai Demokrat yang enggan disebutkan namanya, Senin Pagi (1/7). (Bgj/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!