(Polemik Uji Seismik) PU Tamben Sebut Pertamina Lakukan Peledakan Tanpa Permisi

04/07/2013 0 Comments
(Polemik Uji Seismik) PU Tamben Sebut Pertamina Lakukan Peledakan Tanpa Permisi

Foto Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pemerintah Kota Banjar menilai, kegiatan survei uji seismik yang dilakukan pihak PT. Pertamina di Lingkungan Sumanding Kulon, Kelurahan Mekarsari, Kec/Kota Banjar, beberapa waktu lalu sudah memenuhi prosedur karena sebelumnya telah disosialisasikan kepada warga setempat.

Hal itu dikatakan Kepala Bidang Pertambangan dan Energi Dinas PU Kota Banjar, Anang Sutejo, ST., saat ditemui HR di ruang kerjanya, Senin (1/7), terkait adanya aksi demo warga RW 19, Lingkungan Sumanding Kulon, pekan lalu.

Anang menyebutkan, berdasarkan surat edaran Walikota Banjar mengenai penghentian sementara kegiatan survei uji seismik di wilayah Kota Banjar, bahwa kegiatan tersebut bisa dilakukan setelah adanya sosialisasi kepada seluruh elemen masyarakat sekitar, dimana uji seismik dilakukan.

“Kegiatan yang di Sumanding Kulon, itu sebetulnya sudah disosialisasikan kepada warga setempat, yakni pada tanggal 18 Juni lalu, di aula Kelurahan Mekarsari. Undangan disebar ke warga sebanyak 50 undangan. Memang tidak semuanya datang, dan yang tidak datang itu dianggap menyetujui. Cuma mungkin begitu melakukan peledakan, warga sekitar tidak dikasih tahu dulu, makanya warga jadi marah. Ibarat seseorang masuk rumah kita tanpa permisi dulu,” ujar Anang.

Lebih lanjut dia mengatakan, dengan adanya rangkaian kegiatan yang dilakukan pihak PT. Pertamina di wilayah Kota Banjar, dan kerap menimbulkan keresahan di masyarakat, maka pihak Pemkot Banjar sendiri membentuk Tim Kegiatan Sosialisasi Uji Seismik.

Tim tersebut diketuai oleh Asda I, dengan anggotanya terdiri dari pihak kepolisian Polresta Banjar, Kodim, Batalyon, Kejaksaan, Satpol PP, Dinas PU dan Camat se-Kota Banjar. Sedangkan, sebagai penanggung jawab Tim yakni Walikota Banjar dan Ketua DPRD Banjar.

Anang juga mengatakan, selama bulan Juni 2013, kegiatan sosialisasi survei uji seismik yang dilaksanakan di 14 desa/kelurahan berlangsung dari tanggal 12 sampai 20 Juni.

Adapun ke 14 desa/kelurahan itu diantaranya Desa Binangun, Sukamukti, Raharja, Mekarharja, Neglasari, Mulyasari, Sinartanjung, Karyamukti, Desa Batulawang, Kelurahan Hegarsari, Mekarsari, Pataruman, Karangpanimbal dan Kelurahan Situbatu.

“Itu jadwal kegiatan sosialisasi selama bulan Juni. Dalam kegiatan itu tentunya melibatkan pihak PT Pertamina, karena mereka yang harus menyampaikannya secara langsung kepada masyarakat, sedangkan tim kami sebagai fasilitator saja. Dan, untuk bulan Juli ini sudah tidak ada lagi kegiatan karena bulan ini beresnya,” kata Anang. (Eva/Koran-HR)

 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!