Polresta Banjar Siap Amankan Arus Mudik Lebaran

31/07/2013 0 Comments
Polresta Banjar Siap Amankan Arus Mudik Lebaran

Satlantas Polresta Banjar sudah mempersiapakan sebanyak 36 penunjuk arah yang siap di pasang di sejumlah titik jalur mudik Lebaran. Foto: Pepep Riswanto Akbar/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Menjelang H-7 Lebaran, Satlantas Polresta Banjar sudah siap untuk pengamanan arus mudik dan arus balik di jalur Selatan. Kasat. Lantas Polresta Banjar, AKP, T Adi Widodo, mengatakan, pihaknya telah mempersiapkan segala yang akan diperlukan dalam pengamanan tersebut.

“Untuk pengamanan arus mudik maupun arus balik Lebaran di tahun 2013 ini, kami juga sudah membuat 225 buah tolo-tolo dan 36 penunjuk arah. Sekarang tinggal memasangkan di titik-titik yang akan dilalui oleh kendaraan para pemudik,” kata Adi, saat ditemui HR, Selasa (30/7).

Selain itu, pihaknya juga sudah mempersiapkan Posko Pengamanan (Pospam) Lebaran di sejumlah titik, dan semuanya siap ditempati oleh anggota Satlantas yang ditugaskan di setiap Pospam.

“Kemudian, untuk tolo-tolo akan dipasang pada H-7 sampai H+7. Karena pada saat itu lah puncaknya para pemudik yang akan melintasi Kota Banjar. Selain itu, Makopolresta Banjar juga akan dijadikan tempat rest area bagi para pemudik. Di situ disediakan pula Posko Kesehatan dan berbagai fasilitas lainnya. Bila para pemudik beristirahat di rest area Makopolres tentu dari segi keamanan pun akan lebih terjamin,” kata Adi.

Persiapan serupa juga dilakukan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar. Sejumlah Posko Kesehatan (Poskes) akan didirikan di titik-titik tertentu. Saat ditemui HR, Kasi. Pelayanan Kesehatan (Yankes), Enjang Suryana, mengatakan, Dinkes Kota Banjar sudah siap untuk membantu para pemudik yang ingin memeriksakan kesehatannya selama dalam perjalanan.

“Untuk tahun ini, kami akan mendirikan sebanyak 7 titik Poskes, kalau tahun kemarin hanya 6 titik. Poskes akan didirikan sejak H-7 sampai H+7 Lebaran, lokasinya yaitu di Rest Area Banjar Atas, Rest Area Makopolres, perbatasan Cijolang, Terminal Bis Banjar, Stasion Kereta Api Banjar, kemudian di sekitar tugu perbatasan Sukamukti-Batulawang, dan di Langensari,” kata Enjang.

Setiap Poskes akan disediakan minimal tiga orang tenaga medis, serta satu unit mobil ambulan yang siap selama 24 jam. Sehingga, para pemudik tidak perlu khawatir bila ingin mengecek kondisi kesehatannya selama dalam perjalanan mudik Lebaran.

“Dan bila ada pengendara yang kecelakaan kami juga siap membantu. Selain itu, kita juga akan memasang slogan-slogan tentang kesehatan saat bermudik,” pungkas Enjang. (PRA/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply