Kang Agun Sambangi ”Pahlawan” Pertanian Ciamis yang Kini Sakit Stroke

21/07/2013 0 Comments
Kang Agun Sambangi ”Pahlawan” Pertanian Ciamis yang Kini Sakit Stroke

Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar dari Dapil Jabar X (Ciamis, Banjar, Kuningan), Drs. Agun Gunandjar Sudarsa,Bc.Ip,M.Si, saat menjenguk Ma Onah, Sang Pahlawan” Pertanian Ciamis, yang kini terbaring lesu setelah terserang penyakit stroke yang dideritanya selama hampir lima tahun, Sabtu (20/7). Foto: Dian Sholeh Wardiana/HR

Cimaragas, (harapanrakyat.com),-

Setelah mengunjugi Posko KKN Mahasiswa Universitas Galuh (Unigal) Ciamis, sebagai salah satu rangkaian safari ramadhan di Kabupaten Ciamis, Ketua Komisi II DPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip,M.Si, yang juga Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar dari Dapil Jabar X (Ciamis, Banjar, Kuningan), Sabtu (20/7), menyempatkan diri menengok ke rumah Ma Onah.  

Onah Lasmanah atau akrab disapa Ma Onah adalah seorang Ketua Kelompok Tani asal Dusun Cibitung, Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, yang pernah memiliki prestasi internasional di bidang pertanian. Kini, “Sang Pahlawan” Pertanian Ciamis ini tengah mengalami sakit parah karena penyakit stroke yang dideritanya.

Kang Agun—sapaan akrab Agun Gunandjar Sudarsa—tampak bersimpati terhadap nasib Ma Onah yang sempat mengharumkan nama Kabupaten Ciamis di tingkat internasional itu. Setelah pada tahun 2009 terserang penyakit stroke dan pernah mengalami koma, Ma Onah kini masih bertahan hidup, meski harus pasrah terbaring lesu di tempat tidurnya.

Kang Agun, saat menjenguk Ma Onah, dia mendoakan dan memberikan motivasi agar “Sang Pahlawan” pertanian Ciamis itu, lekas sembuh dan terus bersemangat dalam menjalani hidup, meski harus melawan penyakit stroke yang dideritanya.

“Penyakit yang diderita Ma Onah ini merupakan sebuah cobaan, dan Alhamdulilah Ma Onah bisa bersabar dalam menghadapi cobaan tersebut. Yang pasti, Allah tidak akan merubah manusia, kalau manusia sendiri tidak ingin merubahnya, maka harus yakin segala sesuatu pasti ada hikmahnya. Dengan semangat hidup dan yakin bahwa Allah akan memberikan pertolongan kepada hambanya, Insyaallah Ma Onah bisa sembuh dari sakit yang dideritanya,” terang Kang Agun.

Dalam kesempatan itu pun, Kang Agun memberikan bantuan uang sebesar Rp. 2,5 juta kepada keluarga Ma Onah. Uang tersebut, untuk membantu meringankan biaya pengobatan Ma Onah. “ Semoga uang ini bisa bermanfaat untuk membantu kesembuhan Ma Onah, “ kata Kang Agun saat memberikan bantuan tersebut.

Sementara itu, saat berbincang dengan Kang Agun, “Sang Pahlawan” Pertanian Ciamis, Ma Onah, mengatakan, baru kali ini ada anggota DPR RI yang sudi untuk datang langsung menengok kondisinya. ”Bapak mah pantesna janteun presiden, ku abdi didoakeun mudah-mudahan bapak janteun presiden,” kata Ma Onah. Mendengar perkataan Ma Onah, Kang Agun pun langsung tersenyum, dan dia menjawab dengan berkata, “ Amin,”.

Sekedar catatan, Onah Lasmanah atau akrab disapa Ma Onah adalah seorang Ketua Kelompok Tani asal Dusun Cibitung, Desa Cimaragas, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, yang pernah menerima panghargaan di bidang pertanian dari FAO Model Female Agroforestry tingkat ASEAN di Bangkok Thailand, pada tahun 2004.

Setelah itu, dia pun mendapat penghargaan internasioal yang kedua kalinya pada tahun 2005, saat  itu dia menerima penghargaan di bidang Lingkungan Hidup dari IBEC yang diserahkan di Yogyakarta. Kemudian pada tahun 2009, dia diundang untuk mengikuti acara pameran pertanian tingkat Asia yang bertajuk “Pesona Asia” di Semarang.

Sejumlah pelatihan pertanian pun kerap dipercayakan kepada Ma Onah untuk mewakili Kabupaten Ciamis. Pada tahun 2002, dia mewakili Kabupaten Ciamis mengikuti pelatihan pekarangan pertanian di Bandung dan Tasikmalaya.

Kemudian dia diberangkatkan oleh Dinas Pertanian Ciamis untuk mengikuti pelatihan Penerapan Model Pekarangan unIt KWT DPG (Diversivikasi Pangan dan Gizi) tahun 2003 dan sekaligus menjadi juara 1 bidang pekarangan pertanian tingkat Provinsi Jawa Barat. (DSW/R2/HR-Online/Adv)

 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply