Tadi Sore, Pabrik Kayu di Pamarican Ludes Terbakar

14/07/2013 0 Comments
Tadi Sore, Pabrik Kayu di Pamarican Ludes Terbakar

Petugas pemadam kebakaran dari Pemkab Ciamis dan Pemkot Banjar tengah berusaha memadamkan api yang membakar gudang kayu milik CV. Daya Adidaya Guna, di Jalan Raya Banjarsari-Pamarican, Minggu sore (14/7). Foto: Entang SR/HR

Pamarican, (harapanrakyat.com),-

Sebuah pabrik kayu milik CV. Daya Adidaya Guna yang beralamat di Jalan Raya Banjarsari-Pamarican di Dusun Sukajadi, Desa Sukajadi, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, ludes terbakar diamuk “si jago merah”, Minggu sore (14/7). Api yang diduga berasal dari konsleting arus listrik itu dengan cepat membakar kayu- kayu kering yang menumpuk di gudang penyimpanan kayu.

Kondisi itu pun diperparah oleh hembusan angin kencang yang membuat api cepat membesar dan sulit untuk dipadamkan. Warga yang berusaha memadamkan api dengan alat seadanya, ternyata sia -sia karena api malah cepat membesar dan membakar seluruh isi gudang dan bangunannya.

Setelah 1 jam  warga berjibaku untuk memadamkan api, akhirnya 3 unit mobil pemadam kebakaran datang dari Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar, sekitar pukul 16. 00 WIB. Petugas damkar pun langsung tanpa basa-basi bekerja dan memadamkan api yang sedang berkobar. Api baru bisa di padamkan setelah satu jam berikutnya.

Menurut saksi mata, Rudi, kronologis kebakaran pabrik kayu ini terjadi sekitar pukul 15. 00 WIB. Sumber api berasal dari percikan api akibat ruangan oven kayu mengalami konsleting arus listrik. Ketika percikan api itu makin membesar, kemudian api tersebut langsung menyambar dan membakar kayu- kayu kering yang berada di dalam gudang.

“Percikan api dari konsleting listrik itu dengan cepat menyambar kayu, sehingga kami tidak bisa mencegah api yang kemudian membakar seluruh kayu dan bangunan gudang ini,” kata Rudi.

Sementara akibat kebakaran ini tidak ada korban jiwa. Namun kerugian ditaksir sekitar Rp. 300 juta lebih. Sementara saat terjadi kebakaran, arus lalu lintas di daerah itu sempat terganggu, karena posisi pabrik kayu yang terbakar ini berada di pinggir jalan raya Banjarsari-Pamarican. (Ntang/R2/HR-Online)

 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!