Tahun ini, Momentum Kebangkitan Sepakbola Ciamis

09/07/2013 0 Comments
Tahun ini, Momentum Kebangkitan Sepakbola Ciamis

Skuat PSGC Ciamis saat sukses menjadi juara Grup V Divisi I Liga Indonesia dan lolos ke babak kedua di kompetisi resmi PSSI tersebut. Foto: Dian Sholeh Wardiana/HR

Ciamis,(harapanrakyat.com),-

Suksesnya PSGC Ciamis di kompetisi Divisi I Liga Indonesia yang lolos ke babak kedua sekaligus menjadi juara grup V di kompetisi kasta tiga sepakbola Indonesia itu, dan dilanjutkan dengan suksesnya cabang Sepakbola Porda Ciamis yang lolos ke babak kedua di Porda Jabar yang diselenggarakan di Kabupaten Bekasi, tahun depan, membuktikan bahwa tahun ini adalah momentum kebangkitan sepakbola Ciamis.

Gemilangnya permainan “Laskar Galuh” dalam dua event berbeda, tentunya tak lepas dari baiknya pembinaan sepakbola di Kabupaten Ciamis. Juga baiknya pengelolaan manajemen sepakbola yang dilakukan oleh manajemen PSGC dan Pengda PSSI Kabupaten Ciamis.

Publik Ciamis tentunya rindu dengan munculnya pemain sepakbola asal Ciamis yang berkiprah di event nasional seperti yang pernah terjadi di era tahun 80- an dan 90- an lalu. Sebut saja Heri Kiswanto, pemain nasional Indonesia di era tahun 80-an dan kini sudah menjadi pelatih tim ISL, merupakan putra daerah Ciamis yang sukses di karier sepakbola.

Sementara di era tahun 90-an, muncul nama Heri Rafni Kotari yang pernah malang melintang di klub ISL dan kini dipercaya sebagai Pelatih tim PSGC Ciamis senior dan meloloskan tim “Laskar Galuh” ke babak kedua Divisi I Liga Indonesia.

Di Liga Divisi I Liga Indonesia, prestasi PSGC Ciamis tidak hanya lolos ke babak kedua dan menjadi juara Grup V saja, tetapi selama laga babak penyisihan Grup V yang melakoni 5 pertandingan, gawang “Laskar Galuh” belum pernah kebobolan dan belum pernah terkalahkan.

Hal itu tentunya menjadi cacatan baik dan modal untuk berprestasi di babak kedua yang akan bertemu dengan tim-tim sepakbola terbaik Divisi I yang berasal dari pulau Jawa. Persiapan pun kini sudah dirancang oleh manajemen PSGC dalam menghadapi babak kedua Divisi I, yakni akan menambah pemain berkualitas untuk memantapkan target lolos ke Divisi Utama Liga Indonesia.

Tentunya tidak mustahil jiga PSGC Ciamis tahun ini lolos ke Divisi Utama Liga Indonesia. Jika dilihat dari persiapan tim, dan keseriusan dari manajemen, peluang itu bisa saja tercapai. Asalkan, tim “Laskar Galuh” bisa menjaga performa permainan yang gemilang saat bertanding di babak penyisihan Grup V.

Pelatih PSGC Ciamis, Heri Rafni Kotari, mengatakan, para pemain sudah berbuat maksimal sepanjang laga penyisihan Grup V Divisi I Liga Indonesia hingga akhirnya bisa lolos ke babak kedua. Mereka pun sudah menjalankan seluruh intruksi yang diramu oleh tim pelatih.

Walaupun belum bisa dipastikan kapan akan digelar kembali babak kedua Divisi I, akan tetapi pihaknya akan mempersiapkan pemain sejauh hari dengan latihan seperti biasanya setiap pagi dan sore hari. Hal itu untuk menjaga stamina dan fisik para pemain.

“Performa tim yang konsisten bermain sepanjang penyisihan di Grup V, mudah-mudahan bisa dipertahankan pada pertandingan babak kedua nanti. Target kita lolos ke Divisi Utama Liga Indonsia tahun depan, “ ujarnya, saat menggelar latihan di Stadion Galuh Ciamis, belum lama ini.

Sementara itu Manager PSGC Ciamis, H. Herdiat, mengatakan, sangat bangga dengan penampilan tim PSGC yang bisa lolos ke babak kedua dan menjadi juara Grup V. Menurutnya, keberhasilan tim PSGC di kompetisi resmi PSSI ini merupakan hasil kerja tim dari kekompakan tim pelatih dan pemain.

“Di babak kedua nanti, tentunya kita akan main habis-habisan untuk mempersembahkan prestasi lolos ke Divisi Utama Liga Indonesia tahun depan. Jika itu tercapai, tentunya merupakan catatan sejarah dalam sepakbola Ciamis,” ujarnya, belum lama ini.

Herdiat menuturkan, di babak kedua,  manajemen PSGC akan tetap mempertahankan skuad pemainnya, dan memastikan tidak akan menambah dulu pemain. “Kita lihat saja dulu perkembangan apakah perlu ada penambahan pemain atau tidak. Hanya, untuk sementara waktu kita masih ingin mempertahankan pemain yang ada, “ ujarnya.

Herdiat juga mengucapkan terima kasih kepada  pendukung PSGC  yang selalu setia memberikan dukungan kepada tim “Laskar Galuh.”Kami merasa sangat optimis PSGC Ciamis akan bisa lolos ke divisi utama,” ujarnya.

Sementara lolosnya tim sepakbola Porda Ciamis, menurut Herdiat, merupakan sejarah baru bagi Kabupaten Ciamis, yang mana baru pertama kali dalam sejarah Porda cabang olahraga sepakbola Ciamis lolos ke putaran kedua atau babak final kualifikasi.

“Prestasi ini merupakan catatan sejarah bagi Kabupaten Ciamis. Semoga dalam laga putaran kedua Porda 2014 di Bekasi, tahun depan, tim sepakbola Ciamis kembali membuat kejutan dan menoreh prestasi yang gemilang,”katanya. (DSW)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply