Animo Masyarakat di Pilkada Banjar Cukup Tinggi

29/08/2013 0 Comments
Animo Masyarakat di Pilkada Banjar Cukup Tinggi

Warga yang hadir di TPS 01, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, tampak menyambut kedatangan calon Wakil Walikota Banjar dari nomor urut 4, H. Darmadji Prawirasetia, M.Kes., yang akan menyalurkan hak suaranya di TPS tersebut. Foto: Eva Lativah/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Sejak pukul 07.30 WIB, suasana di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 01, Kelurahan Hegarsari, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, terlihat mulai ramai didatangi warga yang akan menyalurkan hak suaranya untuk memilih calon pemimpin Kota Banjar selama lima tahun ke depan.

Animo masyarakat dalam perhelatan pesta demokrasi di TPS tersebut cukup tinggi. Mereka rela antri menunggu giliran untuk memasuki bilik suara di tempat yang telah disediakan pihak panitia.

Pemandangan serupa juga tampak di TPS 7, Lingkungan Siluman Lama, Kel/Kec. Purwaharja. Sejak dimulainya pemungutan hingga penghitungan suara, masyarakat di lingkungan tersebut sangat antusias mengikuti jalannya acara dari awal sampai akhir.

Hal itu terlihat saat proses penghitungan suara, dimana warga berkerumun di lokasi TPS seakan enggan melewatkan moment penting untuk mengentahui siapa calon pemimpin Kota Banjar selanjutnya.

Namun, berdasarkan keterangan yang diperoleh dari pihak panitia, bahwa jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di TPS 7 mencapai 548 suara, sedangkan yang hadir menyalurkan hak suaranya sebanyak 435 pemilih.

Dengan demikian, maka jumlah ketidak hadiran pemilih diperkirakan mencapai 20 persen. Kemudian, berdasarkan hasil perhitungan suara, pasangan nomor urut 4 unggul dengan jumlah raihan suara mencapai 197.

Sementara itu di TPS 4, Lingkungan Cibulan, Kel/Kec. Banjar, animo masyarakat untuk menyalurkan hak pilihnya juga terlihat cukup tinggi, meski tingkat ketidak hadiran pemilihnya mencapai 110 orang, dari jumlah keseluruhan DPT sebanyak 416 orang.

Ketua KPPS TPS 4, Nana, mengatakan, pihaknya tidak mengetahui mengenai alasan ketidak hadiran pemilih sebanyak 110 itu. Dia hanya menyebutkan, bahwa jumlah DPT sebanyak 416 orang itu berasal dari empat RT, yakni RT.01-RT.04.

“Kami hanya mencatat jumlah kehadiran maupun ketidak hadiran saja. Dan, berdasarkan hasil penghitungan suara, bahwa yang menggunakan hak pilih sebanyak 306 suara, terdiri dari 297 surat suara sah, sedangkan yang tidak sahnya ada 9 suara,” katanya.

Nana juga menyebutkan, perolehan suara pada masing-masing pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Banjar di TPS tersebut yakni pasangan nomor urut 1 meraih 69 suara, nomor 2 meraih 7 suara, nomor urut 3 sebanyak 18 suara, pasangan nomor urut 4 meraih suara terbanyak dengan jumlah 195 suara, dan pasangan nomor urut 5 mendapatkan 8 suara. (Eva/Koran-HR) (Baca juga, klik tautan ini; (Pilkada Banjar) Quick Count, Asih Katadji Unggul Telak 67.48%)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply