Arus Balik di Jalur Ciamis- Tasik Mulai Meningkat

10/08/2013 0 Comments
Arus Balik di Jalur Ciamis- Tasik Mulai Meningkat

Kepadatan volume kendaraan arus balik mulai meningkat pada sore tadi, Sabtu (10/8), hal itu terlihat dengan terjadinya kemacetan di sepanjang jalur Ciamis- Tasikmalaya, salah satunya di Alun-alun Ciamis dan pertigaan Sidangkasih Ciamis. Foto: Eli Suherli/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Arus balik mudik Lebaran di jalur Ciamis- Tasikmalaya menuju Bandung dan Jakarta sudah meningkat pada sore tadi, Sabtu (10/8). Hal itu terlihat di beberapa ruas jalan di daerah Ciamis – Tasikmalaya, salah satunya di Alun- alun Ciamis dan pertigaan Sindangkasih Ciamis, sudah tampak lonjakan kendaraan. Padatnya kendaraan yang melintas, mengakibatkan kemacetan di sepanjang jalur tersebut.

Dari pantauan HR di lapangan, untuk menghindari kemacetan arus balik menuju Jakarta dan Bandung, sejumlah sopir kendaraan pribadi memilih berhenti di rest area Alun-alun Ciamis. Seperti yang di lakukan Jaja (42), pemudik asal Solo. Dia mengaku sudah enam kali berhenti di rest area dalam perjalanan dari Solo menuju Jakarta.

“Sekarang saya memilih berhenti lagi di Ciamis. Sebab, perjalanan masih jauh, apalagi sekarang jalanan mulai padat. Ya… demi menghindari kemacetan di wilayah Gentong, lebih baik istirahat dulu,” ujarnya, saat ditemui HR, di rest area Alun-alun Ciamis, Sabtu (10/8).

Menurut Jaja, dalam perjalanan balik ke Jakarta, dia membawa keluarganya. Karenanya, dia memilih aman membawa kendaraan, apalagi informasi dari seorang temannya, bahwa jalan Gentong sudah mulai macet parah. “Jika tidak berhenti, tenaga akan terkuras. Dari pada membahayakan diri dan keluarga, mendingan sering berhenti untuk istirahat,” ujarnya.

Sementara itu, menurut Petugas Satlantas Polres Ciamis, Agus Hendra, arus kendaraan yang melewati jalan Ciamis mulai padat merayap. “Meski kadang macet, namun kami segera bertindak mengamankan jalanan. Sebab kemacetan ditimbulkan banyak sopir yang menyalip saat volume kendaraan sedang meningkat,” jelasnya.

Agus melanjutkan, kini banyak sekali kendaraan dengan plat nomor Bandung dan Jakarta, baik motor dan juga mobil sudah memadati jalur utama jalan Ciamis.

“Untuk memperlancar arus balik, kami terus melakukan patroli dari mulai jalan Ciamis kota hingga perbatasan Tasik, sehingga kemacetan tidak terlalu parah. Kita terus tertibkan lalu lintas di sepanjang jalur Ciamis hingga perbatasan, agar tidak ada supir yang menyalip di saat padatnya arus kendaraan,” pungkasnya.

Sementara dari pantauan HR, hingga pukul 21. 00 WIB, Sabtu (10/8), arus balik dari jalur Banjar- Ciamis- Tasikmalaya terus mengalami peningkatan volume kendaraan. Diprediksi, puncak arus balik dengan kepadatan volume kendaraan signifikan, akan terjadi pada Minggu (11/8), dimana di saat hari terakhir masa libur Idul Fitri. (es/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply