Arus Balik H+4, Terjadi Kemacetan Panjang di Pertigaan Nagrak Ciamis

Arus Balik H+4, Terjadi Kemacetan Panjang di Pertigaan Nagrak Ciamis

Terjadi kemacetan panjang di jalur utama Ciamis kota akibat terjadi lonjakan volume kendaraan di H+4 Lebaran. Kondisi itu pun diperparah akibat terjadi kemacetan di pertigaan Nagrak hingga kendaraan tampak mengular sampai 5 Km, Senin (12/6). Foto: Heri Herdianto/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Arus balik pemudik pada H+4 Lebaran, Senin (12/8), di jalur utama Ciamis kota tampak mulai dipadati kendaraan. Sejumlah kendaraan dari arah Jawa Tengah, Pangandaran dan Cirebon mulai memadati di sepanjang ruas jalan Ciamis Kota. Kondisi itu diperparah dengan terjadinya kemacetan panjang di pertigaan Nagrak Sindangrasa hingga jalan Ir. Juanda Ciamis. Kendaraan pun tampak mengular sepanjang 5 Km.

Kemacetan panjang itu terjadi dari pagi hingga sore pukul 17.30 WIB. Dari pantauan HR, kemacetan disebabkan dari banyaknya kendaraan yang berbelok di pertigaan Nagrak menuju jembatan Cirahong. Selain itu, tak sedikit pula kendaraan yang berbelok ke SPBU yang posisinya bersebelahan dengan pertigaan Nagrak.

Banyaknya kendaraan yang mengurangi kecepatan karena akan berbelok ke arah jembatan Cirahong menuju Manonjaya Tasikmalaya dan berbelok ke SPBU, memaksa kendaraan lain yang akan melintas di jalur utama Ciamis harus rela mengantri, karena petugas kepolisian menerapkan sistem tutup buka agar tidak terjadi kecelakaan.

Sejumlah anggota kepolisian yang mengatur lalu lintas di pertigaan Nagrak pun tampak kewalahan dengan banyaknya kendaraan. Tak sedikit pula pengendera yang mengeluh akibat terjadi kemacetan tersebut.

Petugas Polres Ciamis di Pos Pemantau Ops. Lodaya Nagrak, AIPDA S. Ali, membenarkan bahwa kemacetan diakibatkan dari banyaknya kendaraan yang berbelok di pertigaan Nagrak menuju akses jembatan Cirahong dan ke SPBU, di saat volume kendaraan tengah meningkat. ” Di H+4 ini volume kendaraan arus balik memang tengah meningkat. Hari ini tampaknya puncak arus balik mudik,” terangnya.

Ali juga mengungkapkan, dari informasi yang diperoleh, bahwa kendaraan dari Cirebon menuju Jakarta, sebagian dialihkan ke jalur Ciamis, karena terjadi kemacetan parah di jalur Pantura. Karenanya, lonjakan volume kendaraan mengalami peningkatan siginifikan di jalur Ciamis pada H+5 ini.

“Selain itu, kemacetan ini juga dipengaruhi dari arus balik wisatawan yang sudah berlibur di pantai Pangandaran. Dimungkinkan, hingga besok volume kendaraan masih padat,” ungkapnya.

Ali juga mengatakan, sebenarnya pihaknya sudah berusaha agar para pengendara tidak terlalu lama terjebak kemacetan dengan disarankan untuk berbelok ke arah pertigaan Nagrak untuk menggunakan akses jembatan Cirahong menuju Manonjaya.

“Namun, hanya sebagian yang berbelok ke arah Manonjaya, selebihnya banyak yang bertahan ingin menggunakan jalur utama Ciamis. Karenanya, kemacetan tak bisa dihindari,” pungkasnya. (Her/R2/HR-Online)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles