Cegah Narkoba, BNNK Ciamis Perkuat Wilayah Perbatasan

29/08/2013 0 Comments
Cegah Narkoba, BNNK Ciamis Perkuat Wilayah Perbatasan

Foto Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis menggelar rapat Kordinasi (Rakor) di bidang Pencegahan dan Pemberantasan Penyalhgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Kegiatan itu diikuti 120 orang, yang terdiri dari perwakilan tingkat Muspika, Perangkat Desa. Kepala UPTD, Kepala Sekolah, Tokoh Masyarakat, Tokoh Ulama, Tokoh Pemuda, Koramil dan Polsek lingkup Kecamatan Cihaurbeuti.

“Rakor tersebut juga sebagai bentuk implementasi dari Inpres no 12 tahun 2011 tentang Kebijakan dan Strategi nasinal (Jakstranas) P4GN tingkat Kecamatan Cihaurbeuti,” ungkap Kepala BNN Kabupaten Ciamis, drg. Engkan Iskandar, beberapa waktu lalu.

Engan menilai, acara rakor sangat penting karena BNNK Ciamis membutuhkan dukungan dari semua unsur dalam menjalankan program pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba di wilayah Cihaurbeuti.

Lebih lanjut Engkan menuturkan, Kecamatan Cihaurbeuti merupakan daerah lintasan dan perbatasan Kabupaten Ciamis, Kabupaten Tasikmlaya dan Kota Tasikmalaya, dimana wilayah perbatasan tersebut memberikan konstribusi terhadap lalu lintas peredaran gelap narkoba yang masuk ke wilayah Ciamis.

Mengingat permasalahan narkoba sangat serius terhadap semua sendi kehidupan, kata Engkan, masyarakat di kawasan perbatasan dituntut berperan aktif dan peka terhadap segala kemungkinan yang mungkin akan terjadi.

Hal ini juga sejalan dengan pasal 104 Undang-undang nomor 35 tahun 2009, tentang Narkotika. Dimana masyarakat mempunyai kesempatan yang seluas-luasnya untuk berperan serta membantu pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan, peredaran gelap narkotika dab prekusor narkotika.

“Masyarakat diberi kesempatan oleh undang-undang untuk ikut serta dalam program P4GN. Lebih jauhnya lagi sebagi bentuk keseriusan bangsa Indonesia dalam menyikapi permasalahan global narkoba,” ujar Engkan.

Selain itu, dalam inpres nomor 12 tahun 20111 juga telah ditindaklanjuti oleh instruksi Bupati Ciamis No 1 tahun 2012 tentang Rencana Aksi Daerah (RAD) Kabupaten Ciamis di bidang P4GN. Melalui RAD ini masyarakat diberi kesempatan berperan serta di bidang P4GN di wilayahnya maisng-masing.

“Kami berharap Kecamatan yang berada di wilayah perbasatan dituntut siaga narkoba atau deteksi dini dari segala kemungkinan yang dapat mengancam kelangsungan hidup generasi bangsa,” pungkasnya. (dsw/Koran-HR)

 

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!