“Dicuekin” Pemkab Ciamis, Warga Padaherang Galang Dana Perbaiki Jalan Rusak

09/08/2013 0 Comments
“Dicuekin” Pemkab Ciamis, Warga Padaherang Galang Dana Perbaiki Jalan Rusak

Warga Paledah Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, sedang bekerja meratakan jalan dengan alat seadanya. Perbaikan jalan ini merupakan bentuk swadaya dari sumbangan yang digalang oleh warga setempat. Foto: Madlani/HR

Padaherang, (harapanrakyat.com),-

Rusaknya ruas jalan Paledah – Pelning, di Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, yang belakangan ‘dicuekin’ Pemkab Ciamis, meski beberapa kali mengajukan pengajuan perbaikan jalan, akhirnya warga setempat memperbaiki jalan tersebut secara swadaya.

Munculnya inisiatif dari warga tersebut, menyusul jalan yang berstatus jalan kabupaten itu, dibutuhkan di saat menghadapi musim libur Lebaran tahun ini, dimana banyak warga yang merantau, mudik ke kampung halamannya.

Menurut warga Paledah Padaherang, Koling Irawan, Senin (5/8), warga melakukan inisiatif menggalang dana swadaya untuk memperbaiki jalan tersebut. Karena, janji Pemkab Ciamis yang akan memperbaiki jalan tersebut, hingga saat ini belum juga teralisasi.

Koling juga menjelaskan, meski Kecamatan Padaherang kini sudah menjadi bagian dari Kabupaten Pangandaran, tetapi menyangkut soal anggaran untuk pembangunan infrastruktur, masih menjadi tanggungjawab Pemkab Ciamis.

“Untuk tahun ini masih tanggungjawab Pemkab Ciamis. Karena Pemkab Pangandaran belum punya anggaran. Malah kita jadi bertanya, apa karena Padaherang sudah lepas dari Ciamis, akhirnya pembangunannya tidak diperhatikan?,” tanya Koling dengan nada tinggi.

Menurut Koling, awalnya masyarakat menanyakan soal kontribusi pemerintah dalam membangun jalan tersebut. Tetapi, setelah dijelaskan, akhirnya masyarakat pun mengerti dan mau mengumpulkan dana swadaya untuk perbaikan jalan tersebut.“Kalau mau itung-itungan dengan Pemkab Ciamis, bahwa Kecamatan Padaherang ini hampir setiap tahun menjadi kecamatan terbaik dalam pembayaran PBB. Tetapi, timbal balik dari Ciamis, sangat kurang sekali, “ tandasnya.

Sementara menurut Amir (52), masih warga setempat, perbaikan jalan yang dilakukan oleh warga hanya untuk menutupi jalan yang berlubang, sementara jalan tersebut sudah harus diperbaiki secara total, karena kerusakannya yang cukup parah.

“Jadi, jangan sampai karena sudah diperbaiki oleh warga, pemerintah malah tidak memperhatikan perbaikan jalan ini. Karenanya, kita berharap kepada pemerintahan baru Pemkab Pangandaran, agar perbaikan jalan Paledah-Pelning menjadi priorotas utama, “ ungkapnya.

Pasalnya, tambah Amir, selain jalan tersebut kerusakannya cukup parah, juga ruas Jalan Paledah- Pelning merupakan akses transportasi yang padat, karena menghubungkan 5 desa, seperti akses ke Desa Maruyungsari, Paledah, Sukanagara, Karangsari dan Karangpawitan.

Dihubungi terpisah, Camat Padaherang Irwansyah, mengatakan, perbaikan jalan yang dilakukan secara swadaya merupakan bentuk dari kesadaran masyarakat yang tinggi, sehingga diharapkan pemerintah terkait menindaklanjuti keluhan masyarakat ini. “ Memang jalan tersebut kondisinya sudah rusak, “ imbuhnya, kepada HR, Senin (5/8). (Mad/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply