Gubernur Akan Jadi Narasumber di Acara “Gerebeg Pasar” Ciamis

30/08/2013 0 Comments
Gubernur Akan Jadi Narasumber di Acara “Gerebeg Pasar” Ciamis

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, dijadwalkan akan menjadi narasumber untuk berdialog langsung dengan para pelaku usaha, di acara ‘Gerebek Pasar’ yang diselenggarakan Koperasi PWI Jabar yang bekerjasama dengan Bank bjb, di Pasar Manis Ciamis, Sabtu (31/8). Selain Gubernur, juga akan hadir Direktur Utama Bank bjb, Bien Subiantoro, sebagai pembicara.

“Acaranya dalam bentuk dialog secara informal dengan pelaku usaha. Nanti diharapkan pelaku usaha yang hadir bisa menyampaikan berbagai persoalan yang mereka hadapi. Kemudian, kita juga berharap ada respon dari Pak Gubernur maupun dari direksi Bank bjb,” kata Sekretaris Koperasi PWI Jabar, Irwan Natsir, dalam keterangan persnya, Rabu (28/8).

Menurut Irwan, dalam konteks Jawa Barat, penguatan terhadap pasar tradisional mulai terus dilakukan. Munculnya program Gerakan Masyarakat Pasar Tradisional (Gempita) yang dipelopori Pemerintah Provinsi Jawa Barat, misalnya, adalah salah satu bentuk dari upaya serius dalam mempertahankan dan mengembangkan pasar tradisional.

“Penguatan pasar tradisional perlu ditopang oleh berbagai pihak. Karena penguatan tersebut membutuhkan dan memerlukan energy bersama. Sebab, karena sifat pasar tradisional yang terbuka, maka diperlukan keterlibatan berbabagi stakeholders dalam memperkuatnya,” kata Irwan.

Menurut Irwan,  Koperasi PWI Jawa Barat, sebagai salah satu elemen masyarakat, ambil bagian dalam memperkuat pasar tradisional dengan menemukan akar persoalan yang dihadapi selama ini.

“Kegiatan  gerebek pasar yang dilakukan adalah, memperdalam tentang akar persoalan apa saja yang diinginkan untuk memperkuat pasar-pasar tradisional, terutama dari segi sisi pelaku usaha mikro dan kecil dalam bentuk diskusi, dialog dengan berbagai stakeholders yang terkait,” terang Irwan.

Sekedar catatan, kata Irwan, kegiatan Gerebek Pasar yang diselenggarakan oleh Koperasi PWI  Jawa Barat tujuannya  adalah, membuka ruang informasi tentang akar persoalan yang dialami pelaku usaha mikro dan kecil terutama yang ada di pasar-pasar tradisional. Kemudian, sebagai bagian dari tanggungjawab sebagai insan pers dalam memberikan kontribusi pemikiran dalam penguatan pasar tradisional di Jawa Barat.

Kegiatan Gerebek Pasar sebelumnya digelar Koperasi PWI bekerjasama dengan Bank bjb di pasar  PGC Cirebon pada awal Juli lalu yang dihadiri Wakil Gubernur H. Deddy Mizwar. “Insya allah ke depan, acara gerebek pasar akan dilaksanakan di berbagai pasar lainnya di Jawa Barat,” ujar Irwan Natsir. (Bgj/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply