Hingga Senin Siang, Anggaran Sertifikasi Guru Belum Masuk ke Kasda Ciamis

27/08/2013 0 Comments
Hingga Senin Siang, Anggaran Sertifikasi Guru Belum Masuk ke Kasda Ciamis

Foto Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Teka-teki mengenai tunjangan sertifkasi guru di Kabupaten Ciamis, yang mengalami keterlambatan pencairan, ternyata masih belum menemui titik terang. Sedianya, pencairan tunjangan sertifikasi akan cair  pada hari Senin (26/8). Namun, hingga Senin siang, dana yang ditunggu-tunggu oleh sejumlah insan guru tersebut, belum masuk ke kas daerah Pemkab Ciamis.

Kabid Pembendaharan Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kabupaten Ciamis, Devi Indra N, ketika ditemui HR, Senin (26/08), membenarkan bahwa berdasarkan informasi anggaran untuk tunjangan sertifikasi guru akan turun Senin (26/08), dari Kementrian Keuangan.

”Kita juga saat ini sedang menunggu masuknya anggaran untuk tunjangan sertifikasi guru. Akan tetapi, ditunggu sampai jam 13.00 WIB dan dicek ke Bank bjb, dana tersebut belum masuk ke kas daerah,” katanya.

Devi mengungkapkan, mungkin saat ini masih dalam tahap proses pengiriman uang dari Kementrian Keuangan. Karena, berdasarkan konfirmasi dari Kementrian, bahwa dana untuk sertifikasi tersebut akan cair dan dikirim ke kas daerah Pemkab Ciamis, pada hari Senin ini.

Sementara itu, dari catatan DPPKAD Ciamis, anggaran untuk tunjangan sertifikasi guru untuk Kabupaten Ciamis sebesar Rp. 79,5 Milyar. Dengan jumlah guru yang akan mendapatkan tunjangan sertifikasi sebanyak 8029 orang.

Di temui terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis, H Tatang S.Ag.,M.Pd., seusai acara Halal Bil Halal Dinas Pendidikan di Gedung Islamic Center, Senin, (26/08), mengatakan, untuk pencairan sertifkasi, pihaknya tinggal menunggu dari Kementrian Keuangan (Kemenkeu).

”Sebenarnya untuk tunjangan sertifikasi guru kita tinggal menunggu dari Kemenkeu. Kalau anggaran tersebut sudah turun dan masuk masuk ke kas daerah, maka DPPKAD akan membuat SP2D (Surat Perintah Pencairan Dana) dan kita tinggal membuat surat pengajuan,” ujarnya.

Pihaknya, kata Tatang, sudah dari sejak lama terus mengusahakan mengenai pencairan sertifikasi dari pusat. Bahkan, sampai sudah membuat surat tentang keterlambatan belum turunnya tunjangan sertifikasi guru yang ditujukan ke Kemendikbud.

“Nah, kemarin ada konfirmasi dari pusat bahwa anggaran sertifikasi untuk Ciamis akan turun dari Kemenkeu hari ini. Kalau sudah turun, kita tinggal memproses dan menyamakan data dan rekening. Karena uang tersebut akan langsung ditransferkan ke guru yang bersangkutan melalui rekening banknya,” ujarnya.

Tatang juga mengungkapkan, jika seandainya tunjangan sertifikasi guru belum juga masuk sampai dengan akhir Agustus, pihaknya berencana akan langsung berangkat ke pusat untuk menanyakan kejelasannya hal tersebut. “ Yang pasti, kita saat ini tengah memperjuangkan agar tunjangan sertifikasi tersebut segera cair,” tandasnya. (DSW/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!