Ingat..! Calon Haji Harus Rutin Berolahraga

Ingat..! Calon Haji Harus Rutin Berolahraga

Foto Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Untuk memantau status kesehatan para calon jemaah haji (calhaj), Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar, melaksanakan pemeriksaan kesehatan bagi semua calhaj asal Kota Banjar. Pemeriksaan tersebut dilakukan pada hari Senin (19/8), bertempat di Puskesmas yang tersebar diempat kecamatan.

Kasie. Yankes Dinas Kesehatan Kota Banjar, Enjang, mengatakan, tes kesehatan terhadap para calhaj dilakukan oleh dokter yang bertugas di Puskesmas. Pemeriksaan meliputi, pemberian vaksin meningitis, influenza dan penemonia.

“Bagi peserta calon jemaah haji berusia di atas 50 tahun dianjurkan untuk rontgen. Pelaksanaannya dimulai dari tanggal 19 sampai 23 Agustus,” kata Enjang, saat ditemui HR, Selasa (20/8).

Selain tes kesehatan, lanjutnya, semua calhaj juga harus mengikuti pemeriksaan fisik yang meliputi tes kebugaran. Kegiatan tersebut dilaksanakan Selasa (20/8), dan dimulai dari jam 07.00 WIB, bertempat di taman Lapang Bakti.

Tes kebugaran dilakukan dengan metode road sport sepanjang 1.600 meter, dimana semua calhaj melakukan olah raga lari-lari kecil. Road sport berguna untuk mengatur tingkat kebugaran para jamaah.

“Dengan dilakukannya pemeriksaan kesehatan, diharapkan status kesehatan semua calhaj pada waktu pemberangkatan hingga pulang nanti staminanya dalam keadaan fit. Untuk itu kami menghimbau supaya mereka berolahraga secara rutin semampunya, agar nanti di tanah suci tidak akan mengalami keluhan karena sudah terbiasa bergerak,” harapnya.

Enjang menambahkan, persiapan stamina yang stabil dan fisik yang sudah terlatih merupakan salah satu menunjang bagi para calhaj dalam melaksanakan ibadah haji. (AM/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles