Lebaran 2013, Calon Penumpang di Terminal Banjar Turun 50%

15/08/2013 0 Comments
Lebaran 2013, Calon Penumpang di Terminal Banjar Turun 50%

Pada H+4 Lebaran, suasana di Terminal Bis Banjar masih tampak sepi. Jumlah calon penumpang di Terminal Banjar saat arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini mengalami penurunan sekitar 50 persen. Foto: Net  

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Selama masa arus mudik maupun arus balik Lebaran tahun 2013 ini, jumlah kedatangan dan keberangkatan calon penumpang di Terminal Bis Banjar mengalami penurunan cukup drastis dibandingkan tahun lalu.

Penurunan tersebut diperkirakan akibat banyaknya perusahaan swasta maupun partai politik (parpol) yang menyediakan kendaraan angkutan mudik Lebaran secara gratis.

Menurut salah seorang petugas jaga Posko Mudik Lebaran Dinas Perhubungan (Dishub) di Terminal Bis Banjar, Deni Kurnia, bahwa selain banyaknya angkutan mudik gratis, penurunan jumlah kedatangan dan keberangkatan di terminal juga akibat meningkatnya jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor.

“Atau mungkin saja banyak pemudik yang sengaja merental mobil buat pulang kampung. Jadi ada beberapa kemungkinan, terkait menurunnya jumlah pemudik di Terminal Banjar ini,” kata Deni, saat ditemui HR, Senin (12/8).

Pendapat serupa dikatakan Kepala UPTD Terminal Dishub Kota Banjar, Dede Kurnia. Menurutnya, penurunan jumlah kedatangan maupun keberangkatan calon penumpang di Terminal Bis Banjar pada Lebaran kali ini diperkirakan mencapai 50 persen.

“Waktu musim arus mudik dan arus balik Lebaran tahun kemarin juga sudah terjadi penurunan. Tapi tahun ini justru makin turun lagi. Penyebabnya mungkin banyaknya kendaraan bantuan mudik gratis. Kalau pada arus balik mungkin mereka pulangnya bertahap, menghindar kemacetan,” ujarnya.

Dede mengatakan, puncak arus balik di Terminal Bis Banjar diperkirakan terjadi hari Rabu (14/8), dimana masa liburan anak-anak sekolah berakhir. Sehingga, ada kemungkinan calon penumpang membludak.

Sementara itu, saat dijumpai HR, Jana (35) dan Reni (31), calon penumpang di Terminal Bis Banjar, mengaku memilih untuk pulang ke perantauannya di Tangerang pada hari Senin (12/8), sebab masa libur kerjanya sudah habis.

Menurut Jana, keramaian di Terminal Banjar sekarang memang tidak seperti pada musim arus mudik dan arus balik Lebaran dua tahun lalu. Saat ini dirinya mengaku tidak khawatir takut kehabisan tempat duduk.

“Calon penumpang tidak membludak, jadi yakin kebagian tempat duduk. Kalau Lebaran dua tahun lalu, saya sampai tidak bisa berangkat karena selalu kehabisan tempat duduk. Tapi sekarang melihat kondisi seperti ini, yakin bisa pulang ke Tangerang hari ini juga,” tutur Jana.

Sedangkan menurut Reni, menurunnya tingkat keramaian di Terminal Bis Banjar justru membuat dirinya merasa aman selama menunggu bis.

“Ya pasti aman kalau suasananya tidak terlalu ramai seperti sekarang ini. Karena mungkin tingkat kejahatan pun akan berkurang, apalagi di kawasan terminal banyak terlihat petugas keamanan berjaga. Jadi lebih nyaman suasananya sepi seperti sekarang,” ujar Reni. (Eva/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!