Libur Lebaran, Astana Gede Kawali Sepi Pengunjung

16/08/2013 0 Comments
Libur Lebaran, Astana Gede Kawali Sepi Pengunjung

Situs Astana Gede pada libur lebaran kali ini sepi pengunjung. Fasilitas dan sarana minim, disinyalir menjadi penyebab kenapa pengunjung lebih memilih objek wisata lain. Foto: Edji Darsono/HR

Kawali, (harapanrakyat.com),-

Pada masa libur lebaran tahun ini, Situs Astana Gede Kawali, di Kecamatan Kawali, Kabupate Ciamis, mengalami sepi pengunjung. Padahal, beberapa tahun belakangan, Astana Gede selalu menjadi tempat alternatif bagi pengunjung untuk menghabiskan waktu saat libur lebaran.

Eman, Petugas setempat, Selasa (13/8), mengakui, dari tahun ke tahun jumlah pengunjung Situs Astana Gede Kawali terus mengalami penurunan. Dia mensinyalir hal itu disebabkan munculnya objek-objek wisata baru di wilayah Ciamis dan sekitarnya.

“Banyak objek wisata yang lebih menarik dan diminati pengunjung ketimbang Situs ini. Dan pada hari kedua dan ketiga lebaran tahun ini, jumlah pengunjung Situs Astana Gede hanya mencapai 200 orang,” katanya.

Dia berharap, kawasan Situs Astana Gede mendapat perhatian lebih dari pemerintah Kabupaten Ciamis. Slah satunya dengan menambah sarana dan prasaran penunjang, seperti wahana hiburan, agar jumlah pengunjung bertambah.

Ujang, warga Dusun Pogorsari, Kawali, mengatakan, untuk menarik minat dan menambah jumlah kunjungan ke Situs Astana Gede, diperlukan satu event promosi. Dalam promosi itu, disisipkan juga tentang potensi wisata, peluang investasi, pemasaran produk dan komoditas unggulan daerah.

“Event terebut menjadi wujud partisipasi pemerintah, untuk lebih mengenalkan potensi wisata yang ada dimiliki Ciamis,” ungkapnya.

Imas, pengunjung asal Bekasi, menuturkan, dia dan  keluarga datang ke Situs Astana Gede Kawali untuk mengetahui peninggalan sejarah. Baginya, wisata sejarah menjadi daya tarik tersendiri untuk berwisata.

“Benar, seandainya saja dilengkapi dengan sarana atau wahana hiburan, saya yakin tempat ini akan dkunjungi banyak orang,” pungkasnya,(Dji/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply