Ormas di Banjar Harus Siaga Bencana

03/08/2013 0 Comments
Ormas di Banjar Harus Siaga Bencana

Para pemuda yang tergabung dalam organisasi masyarakat (ormas), tengah mengikuti kegiatan Pemantapan Pemuda Siaga Bencana, bertempat di Aula Puskesmas Purwaharja, Senin (29/7). Pepep Riswanto Akbar/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Organisasi masyarakat (ormas), diharapkan bisa bersatu untuk memberikan bantuan terhadap penanggulangan bencana yang sewaktu-waktu terjadi di Kota Banjar, maupun di luar daerah.

Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Banjar, H. Oman Rokhman, S.Sos. M. Kes., dalam kegiatan Pemantapan Pemuda Siaga Bencana, yang digelar Dinkes, bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Banjar, bertempat di Aula Puskesmas Purwaharja, Senin (29/7).

Kegiatan tersebut diikuti oleh para pemuda yang tergabung dalam ormas, diantaranya AMS, FKPPI, Pemuda Muhammadiyah, Persis, Pemuda Ansor, PMR, serta perwakilan dari siswa SMA se-Kota Banjar.

“Tujuan dari kegiatan ini diharapkan agar semua ormas dapat bersatu memberikan bantuan penanggulangan bencana ketika di Kota Banjar terjadi bencana alam. Bahkan bukan hanya di Kota Banjar saja, tetapi siap memberikan bantuan bila ada bencana di daerah lain,” katanya.

Oman juga berharap, semua peserta dapat memahami tentang kesiagaan, serta tata cara dalam penanggulangan gangguan bencana alam yang dipaparkan oleh pemateri dari Dinkes, BPBD dan PMI.

Materi yang diberikan yakni mengenai jenis-jenis bencana, dan tindakan apa saja yang harus cepat ditangani. Intinya, dalam penanggulangan bencana, pertama kali ditolong adalah manusia.

Oman menambahkan, pihaknya juga memberikan motivasi, sekaligus apresiasi kepada seluruh peserta yang selalu semangat dalam melakukan penanggulangan bencana. (PRA/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply