(Pilkada Banjar) Survey LSI Asih Katadji Menang Satu Putaran

22/08/2013 0 Comments
(Pilkada Banjar) Survey LSI Asih Katadji Menang Satu Putaran

Direktur Eksekutif LSI, Toto Izul Fatah, menyebutkan Asih Katadji bakal menang satu putaran pada Pilkada Banjar 2103. Fhoto : Deni Supendi/HR

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Pasangan Ade Uu Sukaesih – Darmadji Prawirasetia (Asih Katadji) diprediksi bakal menang secara fenomenal, yakni dengan menang satu putaran dalam Pilkada Banjar tahun 2013, yang akan digelar minggu ini.

Menurut Direktur Citra Komunikasi Lingkaran Survey Indonesis (LSI), Toto Izul Fatah, ada empat alasan kenapa pasangan Asih Katadji bisa menang satu putaran. Pertama, pasangan ini memiliki modal tingkat pengenala dan kesukaan yang sangat tinggi dibandingkan Paslon yang lainnya.

“Tingkat pengenalan masayarakat kepada Ade Uu Sukaesih mencapai 99,1 persen, dengan tingkat kesukaanya mencapai 89,4 persen. Kemudian, tingkat pengenalan masyarakat kepada Darmadji mencapai 78,9 persen, dengan kesukaan 81,6 persen,” katanya.

Alasan kedua, kata Toto, Ade Uu Sukaesih memiliki pemilih militan (strong supporter) yang sangat tinggi, yaitu sekitar 57,2 persen. Bandingkan dengan empat kandidat laing yang hanya memiliki strong supporter dibawah angka 10 persen.

Ketiga, sebagai calon yang notabene istri Walikota (incumbent), Ade Uu Sukaesih terkena berkah keberhasilan dari suaminya dalam memimpin dan membangun Kota Banjar. Hal itu dapat dilihat dari tingkat kepuasan publik (masyarakat) kepada Walikota Herman Sutrisno yang mencapai angka 80 persen. Selain itu, Ade Uu Sukaesih juga punya factor personal figure yang disukai , karena sikapnya yang dinilai masyarakat sangat sederhana, peduli dan merakyat.

Selanjutnya, alasan keempat, imbuh Toto, Ade Uu Sukaesih memiliki keunggulan dukungan yang cukup merata di seluruh segmen demograafis, seperti gender (laki-laki dan perempuan), tingkat pendidikan, penghasilan, agama dan suku. Bahkan, dukungan serupa juga terlihat merata di segmen pemilih Parpol 2009 lalu, seperti Golkar, PDIP, PAN, PKS, Gerindra, PPP dan parpol lainnya. (deni/R4/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!