PKL, Tempat Parkir dan Sampah, Masalah Klasik di Objek Wisata Pangandaran

04/08/2013 0 Comments
PKL, Tempat Parkir dan Sampah, Masalah Klasik di Objek Wisata Pangandaran

Foto Objek Wisata Pantai Pangandaran tampak dari atas

Pangandaran,  (harapanrakyat.com),-

Sebegai persiapan menyambut liburan Hari Raya Idul Fitri, Pemkab Pangandaran diminta segera menata objek wisata pantai Pangandaran, terutama penataan kantong parkir kendaraan, penanggulangan penumpukan sampah dan penataan PKL. Sebab, sudah dipastikan, pada saat liburan Idul Fitri mendatang, akan terjadi lonjakan wisatawan yang signifikan.

Hal itu diungkapkan Ketua Komite DMO (Destinasi Management Organitation), Kabupaten Pangandaran, H. Supratman, saat rapat koordinasi dengan Dinas Pariwisata, Perindagkop dan UMKM  Pangandaran serta perwakilan TNI dan POLRI, dalam persiapan menyambut liburan Idul Fitri tahun 2013, Kamis (1/8).

“Untuk kedepannya, penempatan PKL harus berada di dua titik, yaitu di Pasar Lama dan di bekas Diskotik Meridian. Rencananya pun akan dibangun ruko tiga lantai untuk menempatkan PKL agar obyek wisata tertata rapih,” kata Supratman.

Supratman juga mengatakan, pihaknya tidak ingin mematikan aktifitas PKL, tetapi harus mengarahkan mereka untuk ditempatkan di lokasi yang nyaman untuk semua orang, termasuk untuk PKL sendiri.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Perindagkop dan UMKM Kabupaten Pangandaran. Drs Suheryana, menjelaskan, pengelolaan objek wisata  di Pangandaran harus dioptimalkan, maka dari itu dalam rakor tersebut dibahas beberapa permasalahan guna mencari solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

“Penataan pengunjung wisata atau parkir dan penanganan sampah harus dijadikan fokus yang utama untuk ditangani,” katanya.

Sementara itu, Asda I Pemkab Pangandaran, Mahmud, SH, MH, mengungkapkan, untuk anggaran Pemkab Pangandaran sampai akhir tahun 2013 masih menginduk ke kabupaten induk. “ Termasuk untuk pengelolaan parawisata.  Karenanya,  jika harus ada pengeluaran anggaran pada tahun ini, tidak dapat direalisasikan sekarang, sebab Kabupaten Pangandaran belum mempunyai anggaran sedikitpun,” terangnya. (Syam/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!