Tradisi Lebaran, Warga Balemoyan Baregbeg Gelar ‘Ngobeng’ Ikan

10/08/2013 0 Comments
Tradisi Lebaran, Warga Balemoyan Baregbeg Gelar ‘Ngobeng’ Ikan

Sejumlah warga Dusun Balemoyan, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, saat memeriahkan acara “Ngobeng” Ikan dalam rangka silaturahmi dan melestarikan tradisi warga setempat, pada setiap moment Lebaran, Sabtu (10/8). Foto: Eli Suherli/HR

Baregbeg, (harapanrakyat.com),-

Dalam rangka mempererat tali silaturahmi pada moment HarI Raya Idul Fitri, warga Dusun Balemoyan, Desa Mekarjaya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Sabtu (10/8), menggelar acara ‘ngobeng’ ikan. Acara yang mendapat animo tinggi dari warga setempat ini, ternyata sudah menjadi tradisi setiap Hari Raya Idul Fitri. Tradisi ini pun sudah berjalan selama 30 tahun.

Ketua Panitia Acara ‘Ngobeng’ Ikan, Ahmad Syarif Hidayat, mengatakan, selain sebagai sarana silaturahmi warga, acara ini pun digelar untuk mempertahankan tradisi yang sudah berlangsung secara turun temurun. “ Bagi warga Balemoyan, tanpa acara “Ngobeng”, tampaknya silaturahmi Lebaran akan terasa hambar. Makanya, acara ini harus digelar pada setiap tahun yang mengambil moment Lebaran, “ujarnya, kepada HR, di sela-sela acara, Sabtu (10/8).

Menurut Ahmad, selain warga mendapat ikan, dalam acara ini pun pihak panitia menyediakan hadiah menarik bagi warga yang beruntung. “ Ada beberapa ikan yang kami tandai. Dan apabila ada warga yang bisa menangkap ikan yang sudah ditandai tersebut, maka akan mendapat hadiah, “ungkapnya.

Ahmad juga menambahkan, acara ini semata-mata untuk hiburan warga pada saat Lebaran, serta bisa mempertemukan dan mempererat tali silaturahmi warga Desa Mekarjaya Beregbeg, khususnya bagi warga yang merantau di luar kota yang saat ini tengah mudik ke kampung halaman.

“Karena banyak warga di sini yang merantau di luar daerah. Nah, dengan adanya acara ini, bisa mempermudah warga yang merantau bertemu dengan sanak saudara, teman lama dan tetangga, “ terangnya.

Untuk hari pelaksanaan acara “Ngobeng” ikan ini, menurut Ahmad, sudah rutin dalam setiap tahunnya digelar pada 2 hari setelah Lebaran. “ Sementara untuk pengadaan ikan dan hadiah kami peroleh dari sponsor dan dermawan dari warga setempat. Kita dari panitia hanya menyediakan kolam saja dan membuat pamplet bewara yang disebar untuk menarik warga supaya ikut acara,” pungkasnya. (es/R2/HR- Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!