Warga Cimaragas Desak Pemkab Ciamis Bangun Pasar

24/08/2013 0 Comments
Warga Cimaragas Desak Pemkab Ciamis Bangun Pasar

Foto Ilustrasi Pasar

Cimaragas, (harapanrakyat.com),-

Warga Desa Beber, Kecamatan Cimaragas, Kabupaten Ciamis, sangat mengharapkan adanya pasar di wilayah mereka. Menurut mereka, letak geografis Desa Beber yang berada di tengah-tengah Kecamatan Cimaragas dan diapit Kecamatan Cidolog, serta berbatasan langsung dengan Kabupaten Tasikmalaya, sangat strategis jika dijadikan sentra kegiatan perdagangan. Keberadaan pasar diyakini bisa meningkatkan laju gerak roda ekonomi masyarakat Cimaragas dan sekitarnya.

Ketua BPD Desa Beber, Teten, mengatakan, sudah saatnya pemerintah kabupaten Ciamis berinsiatif untuk membangun pasar tradisional di desanya. Teten pun mengakui pihaknya telah mengajukan poposal pembangunan pasar ke Pemkab Ciamis, namun belum mendapat respon.

“Kebutuhan pasar sudah sangat mendesak. Apalagi pada 2011, desa kami mendapat penghargaan sebagai desa beradab. Masak desa beradab tidak memiliki pasar?, hal ini mestinya dipikirkan sejak lama oleh pemerintah kabupaten,” katanya kepada HR, saat ditemui di kediamannya, Minggu (18/8).

Ditambah lagi, kata Teten, wilayah kecamatan Cimaragas sampai sekarang tidak mempunyai pasar, akibatnya masyarakat Cimaragas berbelanja keluar Cimaragas, yakni ke pasar Banjar, ke pasar Ciamis atau ke pasar Tasikmalaya. Jika dihitung, uang masyarakat Cimaragas yang dibelanjakan ke pasar-pasar tersebut bisa mencapai puluhan juta rupiah per hari.

“Coba kalau di wilayah sendiri dibangun pasar. Tentunya Pendapatan Asli Daerah yang diperoleh akan sangat besar. Selain itum roda perekonomian pun akan meningkat hingga bisa lebih menyejahterakan masyarakat Cimaragas. Jika pemerintah merealisasikan pengajuan pembangunan pasar, lahan yang dibutuhkan sudah siap, letaknya sangat strategis, di pinggir jalan dan saya kira sangat luas, cukup untuk 200 hingga 300 kios,” terangnya.

Hal senada diungkapkan Asep, warga Desa Cimaragas. Dia mengatakan, sudah selayaknya dibangun pasar di wilayah kecamatan Cimaragas. Adapun letaknya bisa di desa Ciamaragas maupun di Desa Beber sama saja tergantung analisa ahli dari Pemkab.

“Namun saya rasa karena di Beber sudah ada lahan yang strategis, sebaiknya pemerintah segera menindaklanjutinya karena biasanya mencari lahan untuk pasar tidaklah mudah. Mumpung ada lahan, pasar harus segera dibangun,” ujarnya.

Asep menambahkan, ketersediaan lahan yang mudah adalah bukti bahwa masyarakat Cimaragas benar-benar menginginkan adanya pasar di wilayah mereka. Jika keinginan masyarakat ini terwujud, masyarakat Cimaragas, Cidolog dan sekitarnya akan menyambut gembira karena mereka tidak perlu repot-repot berbelanja jauh hingga ke luar daerah. Perputaran uang pun tidak akan berceceran hingga diyakini bisa meningkatkan PAD dan berimbas positif pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat Cimaragas dan sekitarnya. (Andri/Koran-HR)  

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply