Agun Sepakat Soal Pembatasan Alat Peraga Kampanye Caleg

07/09/2013 0 Comments
Agun Sepakat Soal Pembatasan Alat Peraga Kampanye Caleg

Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip, M.Si

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Ketua Komisi II DPR RI, Drs. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.Ip, M.Si, menyatakan sepakat soal PKPU (Peraturan Komisi Pemilihan Umum) No 15 Tahun 2013 tentang perubahan pertama atas PKPU Nomor 1 Tahun 2013 mengenai Pedoman Pelaksanaan Kampanye Pemilu Legislatif tahun 2014.

Dalam PKPU tersebut ada pembatasan soal jumlah alat peraga pada perhelatan Pemilu Legislatif tahun 2014 mendatang. Pembatasan tersebut  seperti jumlah baliho, dimana baliho Calon Anggota Legislatif (Caleg) maksimal satu buah dalam satu desa atau satu kelurahan.

“Sebagai Ketua Komisi II, saya setuju soal PKPU no 15 Tahun 2013 tersebut, karena persaingan antar Caleg jadi lebih Fair  (adil) dan equal ( setara),” ungkapnya, usai memberikan ceramah Empat Pilar Kebangsaan, di Hotel Priangan, Jum’at (07/09).

Agun menambahkan, dengan peraturan tersebut mendorong Caleg untuk langsung bertatap muka dengan para calon pemilihnya.

“Artinya tidak mengandalkan baliho atau alat peraga saja, tetapi Caleg dituntut untuk bertemu langsung dengan rakyat. Dengan begitu, rakyat nanti bisa dengan jelas memilih Caleg mana yang menurut mereka layak untuk mewakili aspirasinya di parlement,” ujaranya.

Menurut Agun, dengan peraturan tersebut, Caleg bisa membuat leaflet kecil yang berisi profil si Caleg untuk dibagikan ke calon pemilih. “Dengan begitu, rakyat akan lebih tahu tentang sosok Caleg. Juga secara strategis aturan tersebut untuk meningkatkan kualitas Pemilu agar lebih demokratis,” pungkasnya. (DK/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply