Aneh! Warga Banjar Lebih Memilih Bekerja di Luar Daerah

14/09/2013 0 Comments
Aneh! Warga Banjar Lebih Memilih Bekerja di Luar Daerah

Foto Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Jumlah pembuat kartu pencari kerja (pencaker) atau AK-1 di Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigasi (Dinsosnakertran) selalu mengalami fluktuatif (naik-turun). Termasuk jumlah Pencaker pasca lebaran tahun 2013 lalu.

“Jumlahnya selalu naik-turun. Tapi, satu hal yang perlu dicermati, kebanyakan pencaker ingin bekerja di luar daerah atau luar kota seperti Jakarta,” kata Kabid Tenaga Kerja, Wasino, beberapa waktu yang lalu.

Wasino mengaku heran, kenapa mayoritas pencaker cenderung memilih bekerja di luar kota atau luar daerah. Padahal, peluang atau kesempatan untuk bekerja di Kota Banjar juga masih cukup terbuka dengan lebar.

Menurut dia, salah satu contohnya adalah perusahaan bulu mata, yang sampai saat ini masih membutuhkan sedikitnya 500 orang pekerja. “Jangan salah, perusahaan ini masih membuka kesempatan bagi mereka yang ingin bekerja,” katanya.

Karena keheranan itu, Wasino pun memutuskan untuk mencari tahu alasan kenapa para pencaker lebih memilih bekerja di luar kota, khususnya pencaker yang masih dalam usia belia atau usia lulusan sekolah.

“Kebanyakan dari mereka alasannya malu, malu jika kelihatan oleh tetangga hanya bekerja sebagai buruh di pabrik. Dan kalau di luar kota, tetangga dinilai tidak akan tahu dia (pencaker) bekerja sebagai apa,” katanya.

Menurut hemat Wasino, orientasi dari para pencaker muda, bekerja di luar kota adalah gengsi semata. Padahal tujuan sebenarnya bekerja adalah mencari uang untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

“Nah jika dihitung-hitung, meski standar upahnya besar, penghasilan dari bekerja di luar kota pastinya tetap akan berbanding lurus dengan jumlah pengeluaran. Misalnya, biaya makan, transportasi, kontrakan dan lainnya,” katanya.

Kedepan, Wasino menambahkan, pihaknya akan berupaya mengarahkan orientasi kerja para pencaker agar lebih terarah. (Deni/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!