(Angka Kemiskinan Tinggi) Pemkab Ciamis Ditantang Kembangkan Sektor Pertanian

20/09/2013 0 Comments
(Angka Kemiskinan Tinggi) Pemkab Ciamis Ditantang Kembangkan Sektor Pertanian

Foto Ilustrasi

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Tingginya angka kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Ciamis mendapat sorotan tajam dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Citra Galuh Mandiri (CGM). Data menyebutkan, penduduk miskin di Ciamis mencapai 158.400 jiwa.

Direktur LSM CGM, Ir. Hery Hernawan, Selasa (17/9), menantang Pemerintah Kabupaten Ciamis untuk mengembalikan kejayaan dunia pertanian. Menurut dia, program pemberdayaan ekonomi rakyat melalui sub program padat karya dengan dana bergulir juga perlu kembali ditingkatkan.

Hery menuturkan, pihaknya mengapresiasi langkah penanganan yang akan dilakukan oleh Badan Perencanaan dan Pembangunan (Bapedda) Ciamis. Namun dia menilai, selama ini sektor pertanian kurang digarap secara komprehensif.

“Contohnya, pasokan air di Gunung Syawal harus diperhatikan benar, agar gairah para petani meningkat. Karena, 39,11 persen masyarakat Ciamis bekerja di sektor Pertanian. Selain itu, Produk Domestik Regional Bruto Ciamis masih disumbang oleh sektor Pertanian,” paparnya.

Lebih lanjut, Heri menyebutkan, kemandirian sektor pangan harus menjadi acuan pembangunan Pemerintah Kabupaten Ciamis. “Ketersedian pangan, baik dari pertanian dan peternakan harus jadi prioritas. Ketergantungan pangan dari luar harus dipangkas,” ujarnya.

Selain sektor pertanian, hal lain yang harus dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis adalah program pemberdayaan swadaya masyarakat dengan sistem swakelola. Tentunya dengan pendampingan yang bersifat profesional

Dengan program pemberdayaan masyarakat, kata Hery, akan menciptakan pertumbuhan ekonomi kretif masyarakat itu sendiri. Karena, tidak semua masyarakat bekerja di sektor Formal.

“Nah, tinggal Pemerintah memberikan stimulus program ke kantong-kantong produktif, agar ada nilai tambah dari usaha ekonomi tersebut,” tuturnya.

Hal lain yang menurut Hery penting diperhatikan adalah penumbuhan iklim investasi di Kabupaten Ciamis. Syaratnya, kondusifitas iklim usaha harus lebih ditingkatkan. Agar ada efek domino ke masyarakat dari suatu investasi yang ditanam di Kabupaten Ciamis. (DK/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply