Dimyati Tuding Pilkada Banjar Sarat Kecurangan

05/09/2013 0 Comments
Dimyati Tuding Pilkada Banjar Sarat Kecurangan

Foto Ilustrasi

Banjar, (harapanrakyat.com),-

Tim sukses dari tiga pasangan Calon Walikota dan Wakil Walikota Banjar, menolak rekapitulasi hasil perolehan suara Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) Kota Banjar yang disahkan oleh KPUD Banjar, Senin (2/9).

Mereka yang enggan menandatangani berita acara rekapitulasi tersebut diantaranya tim sukses pasangan Akhmad Dimyati-Muin Abdurrahim, tim sukses Ijun Judasah-R. Moch. Soddiq, dan Herli Rusli Suyatin-Wawan Gunawan.

Sedangkan yang ikut menandatangan berita acara pengesahan rekapitulasi perolehan suara Pilkada Banjar yaitu tim sukses H. Maman Suryaman-Wawan Ruswandi, dan tim sukses Hj. Ade Uu Sukaesih-H. Darmadji Prawirasetia.

Sementara itu, calon Walikota Banjar yang diusung PDIP dan PBB, H. Akhmad Dimyati, menyatakan, bahwa alasan penolakannya itu karena saat ini pihaknya sudah banyak menemukan dugaan kecurigaan secara terlembaga dan sistematis dalam Pemilukada Banjar.

Dia menyebutkan, adanya mobilisasi Ketua RT/RW sebelum Lebaran di Aula Setda, serta beredarnya kampanye hitam yang dilontarkan pihak tertentu di berbagai pertemuan dengan masyarakat supaya jangan memilih calon yang “medit,” serta sejumlah temuan lainnya.

Menurut Dimyati, dari berbagai temuan itu pihaknya akan segera mengajukan gugatan ke MK. “Kami nyatakan secara tegas menolak rekapitulasi suara dan memilih untuk tidak menandatanganinya bersama paslon nomor dua dan tiga,” tegasnya.

Hal berbeda dikatakan H. Maman Suryaman, calon Walikota yang meraih suara di urutan kedua. Menurut Maman, pihaknya harus menerima secara legowo kemenangan pasangan Hj. Ade Uu Sukaesih-H. Darmadji Prawirasetia yang menang telak dengan perolehan suara sebanyak 67 %.

“Alasan kami menandatangani berita acara rekapitulasi itu, karena selama ini kami tidak menemukan dugaan kecurangan dalam Pilkada Banjar, mulai dari tahapan sampai pelaksanaan,” kata H. Maman Suryaman.

Sementara itu, Ketua KPUD Banjar, Nurifa’i, mengatakan, pihaknya memberi waktu selama 3×24 jam kepada pasangan calon yang merasa tidak puas atas tahapan atau pelaksanaan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Banjar, agar mengajukannya ke MK.

Berdasarkan hasil rekapitulasi perolehan suara yang digelar KPUD Banjar, paslon nomo 1, H. Maman Suryaman-Wawan Ruswandi meraih 18.049 suara atau 17,52 persen, nomor 2 H. Ijun Judasah-R. Moch. Soddiq meraih 1.998 suara atau 1,94 persen, nomor 3, Herli Rusli Suyatin-Wawan Gunawan meraih 4.545 suara atau 4,41 persen, nomor 4, Hj. Ade Uu Sukaesih-H. Darmadji Prawirasetia meraih 69.453 suara atau 67,43 persen, dan nomor 5, H. Akhmad Dimyati-Muin Abdurrochim meraih 8.960 suara atau 8,70 persen. (Eva/PRA/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!