Engkon: Selama Dua Periode, Tidak Pernah Impor Pejabat

Engkon: Selama Dua Periode, Tidak Pernah Impor Pejabat

Sebanyak 346 pejabat eselon II, III dan IV, saat diambil sumpah jabatannya, pada pelantikan jabatan struktural di lingkungan Pemkab Ciamis, di halaman Pendopo Bupati Ciamis, Selasa (10/9). Foto: Eli Suherli/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Selama dua periode menjadi Bupati Ciamis, Engkon Komara mengaku belum pernah mengimpor pejabat dari luar Ciamis. Dia beralasan, sebagai Bupati dia sangat memprioritaskan pejabat yang berasal dari Pemkab Ciamis.

Hal itu terungkap dalam sambutan Bupati Engkon, saat melantik pejabat eselon II, III, IV, dan V, Selasa (10/9), di halaman pendopo Setda Ciamis. Pelantikan itu diperkuat lagi dengan SK Bupati Ciamis No 821.2/Kpts.236/BKDD.3/2013, tanggal 9 September 2013, tentang pengangkatan dan Pemindahan dalam dan dari Jabatan Struktural Eselon III, IV dan V di lingkungan Pemkab Ciamis.

Pelantikan itu sendiri diikuti sebanyak 14 orang Pejabat Eselon II, 80 orang pejabat Eselon III, 241 orang pejabat Eselon IV dan 11 orang pejabat Eselon V. Jadi, total pejabat yang dilantik mencapai 346 orang.

Lebih lanjut, Engkon menuturkan, mutasi dan promosi pejabat tersebut sebagai upaya Pemerintah Kabupaten Ciamis melakukan pengisiian terhadap kekosongan pegawai struktural, pasca personalisasi pegawai Pemkab Ciamis ke Pemkab Pangandaran.

“Selain itu juga sebagai bentuk penyegaran di lingkup pegawai Pemkab Ciamis,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Engkon juga berpesan agar para pejabat Pemkab Ciamis dapat menjalankan prinsip PDLT dalam bekerja. “Menjadi PNS yang baik harus berpijak pada prinsip PDLT, yakni Patuh pada atasan, mempunyai Dedikasi, Loyal dan Tidak tercela” tandasnya.

Ditemui terpisah, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Uga Yugaswara, S.Sos, M.Si, mengatakan, sebagai PNS, siapapun orangnya harus siap di tempatkan dimana saja.

“Sesuai arahan beliau (Bupati), prinsip PDLT itu yang memang harus dipegang teguh oleh PNS,” ujarnya.

Dari surat edaran BKDD Ciamis, sedikitnya 14 pejabat eselon II memegang jabatan baru. Diantaranya, Drs. Endang Sutrisna, M.Si sebagai Asisten Pemerintahan Setda, Uga Yugaswara, S.Sos,M.Si sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Drs. H. Asep Sudarman, M.Pd sebagai Inspektur.

Sementara Dra. Yeyet Trisnawati T sebagai Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Drs. H. Yoni Kuswardiono, MH, sebagai Asisten Administrasi Umum Setda, H. Deden Wahidin, SE sebagai Kepala BKDD, Drs. H. Jenal Abidin Apandi,S.IP , M.Si sebagai Kepala Dinas Bina Marga, Drs. H. Herdi Saleh,MM sebagai Kepala Dinas Perhubungan.

Adapun H. Wawan Ahma Sofwan Ariefien, MM, kini menjabat sebagai Kepala Dinas Sosial Tenaga kerja dan Transmigrasi. Ir. Nana Supriatna sebagai Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan, Ir. Kustini, MP sebagai Kepala Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan, Hj. Titin, SH, sebagai Kepala Badan Ketahan Pangan, Ir. H. Soelaeman Shaleh,MM,MBA sebagai Staf Ahli Bidang Pemerintahan, dan Unang Danuwarso, SIP sebagai Kepala Badan Pengendalian Lingkungan Hidup. (DK/Es/Koran-HR)

KOMENTAR ANDA

Komentar

Related articles