Kebakaran di Janggala Ciamis Disebabkan dari Tangku Api

05/09/2013 1 Comment
Kebakaran di Janggala Ciamis Disebabkan dari Tangku Api

Sejumlah warga saat melihat puing-puing sisa kebakaran yang terjadi di Lingkungan Janggala, Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Kamis (5/9) tadi siang. Foto: Eli Suherli/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Penyebab kebakaran yang menghanguskan 3 rumah di kawasan padat penduduk, tepatnya di Lingkungan Janggala, Kelurahan Ciamis, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Kamis (5/9) tadi siang, dipastikan berasal dari sebuah tangku api yang berasal dari rumah Lili Kusnadi.

Tungku api yang tengah digunakan memasak nasi itu tiba-tiba menyambar dinding rumah yang terbuat dari bilik. Tak lama berselang, api pun berkobar hingga menjalar ke dua rumah warga yang berada di sebelahnya.

“Saat itu istri saya tengah memasak nasi di tungku api. Namun saat ditinggalkan mengambil air, tiba-tiba api dari tangku menyambar dinding bilik hingga membesar. Istri saya pun panik dan berteriak memanggil saya,” ungkap Lili, kepada HR, di lokasi kejadian.

Menurut Lili, saat api membesar seluruh keluarganya panik, sehingga api yang terus berkobar tidak berhasil dipadamkan.“Ketika api sudah padam, rumah saya sudah hangus terbakar. Saat ini saya tidak punya rumah, bahkan perabot rumah tangga pun ikut ludes terbakar,” ucap Lili sedih.

Hal serupa dirasakan Oyoh, yang rumahnya ikut menjadi korban kebakaran. Menurut dia, dirinya tidak bisa berbuat banyak ketika api membesar dan menghanguskan seisi rumahnya.

“Saat melihat api, saya langsung menyelamatkan diri. Makanya saya tidak sempat menyelamatkan seluruh barang-barang berharga. Tapi ada beberapa perabot yang terbakar masih bisa diperbaiki,” ujarnya.

Kebakaran yang menimpa tiga warga ini ditaksir mengalami kerugian ratusan juta rupiah. Korban berharap adanya bantuan dari dermawan ataupun dari pemerintah daerah.  (es/R2/HR-Online)

About author

Related articles

1 Comment

  1. deti lala September 08, at 23:29

    saya adl korban dari kebakaran itu. pada saat itu, suami saya sedang bekerja dan saya beserta anak saya yg masih balita ada di rumah. saya sedang menimang anak saya yg mau tertidur,dan mendengar triakan,kebakaran..lalu saya keluar,dengan cepatnya api membesar. saya panik dgn menggendong anak saya dan tak tau harus minta tolong sama siapa,karna tak banyak orang di dekat rumah saya. dengan cepatnya,api merambat ke rumah saya,dan dengan sangat sedihnya,semua tak ada yg bersisa,hanya sehelai baju yg di pakai. Ya alloh,ini adl cobaan darimu. walaupun terkadang suka terbesit dlm benak saya,saya sangat di rugikan,karena semua ini terjadi karena kelalaian tetangga saya.yg katanya sedang masak air di tinggal,dan ketiduran bersama cucunya. Astagfirulloh aladzim, ini musibah. ya alloh,,ya alloh..beri kekuatan untuk kami sekeluarga yg sedang menjalani ujian hidup darimu..amienn.. Dan kami masih berharap kepada dermawan ataupun pemerintah, mudah2an dengan ikhlasnya untuk membantu kami.. amien..

    Reply

Leave a Reply