Kincir Air Selamatkan 150 Ha Sawah Milik Warga Padaherang

21/09/2013 2 Comments
Kincir Air Selamatkan 150 Ha Sawah Milik Warga Padaherang

Petani Dusun Cihideung Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang meneriakkan yel-yel “Merdeka tidak kekeringan Lagi”. Mereka bergembira menyambut bantuan kincir air yang digagas IPPHTI dan Kelompok Taruna Tani Mekar Bayu, Senin (16/9). Foto: Madlani/HR

Padaherang, (harapanrakyat.com),-

Kekeringan yang  melanda areal pesawahan milik warga Dusun Cihideung Desa Ciganjeng Kecamatan Padaherang Kabupaten Pangandaran kini teratasi dengan inovasi dan kreativitas yang dilakukan IPPHTI (Ikatan Petani Pengendali Hama Terpadu Indonesia) bekerjasama dengan kelompok Taruna Tani Mekar Bayu. Dengan memanfaatkan debit air sungai Cirapuan (Apoor), mereka membuat Kincir air yang ramah lingkungan dan digunakan untuk mengairi lahan seluas 150 hektar sawah warga yang selalu gagal panen akibat kemarau.

“Ide  ini kami gunakan untuk membantu para petani yang setiap musim kedua atau musim kemarau tidak bisa memanfaatkan lahan karena terlalu mengandalkan air hujan.  Uji coba sudah dilakukan dan saat ini tinggal mengoptimalisasikan kincir airnya,” ungkap koordinator IPPHTI pusat, Feri kepada HR, Senin (16/9).

Feri beharap, upaya yang dilakukan pihaknya dapat  menyelamatkan panen padi di musim kedua saat musim kemarau tiba. Sedangkan setelah musim penghujan tiba pada musim panen ke-3, air akan digunakan untuk pengairan palawija atau sayuran seperti kacang panjang, tomat, kangkung, sausin, kacang kedelai, dan lain-lain.

“Kedepannya kami mengharap anggaran untuk tambahan kincir air baru di beberapa titik setiap 500 m atau 1 km, karena lahan yang tidak bisa dimanfaatkan sangat luas akibat kekeringan pada musim kemarau. Sayang sekali jika air sungai Cirapuan terbuang percuma atau mengalir begitu saja ke sungai Citanduy,” ungkapnya.

Hal senada dikatakan Ketua Taruna Tani Mekar Bayu, Tahmo Cahyono. Dia mengatakan, upaya pembuatan kincir air selain dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kekeringan sawah milik warga, juga merupakan wujud dari kearifan lokal.

“Namun, tetap saja upaya kami harus dibantu pemerintah. Saat ini masalah yang sangat berat adalah kurang terurusnya saluran irigasi yang ada. Kondisinya sudah sangat dangkal dan harus segera diperbaiki,” katanya.

Tahmo pun berharap, Pemkab Pangandaran melakukan pengembangan atas inovasi di bidang pertanian yang telah digagas oleh pihaknya, misalnya SRI organik, pengendalian hama penyakit tanaman dengan pupuk oganik, serta penyaluran air yang ramah lingkungan dengan menggunakan kincir air yang baru saja dilakukan.

“Selain itu, inovasi pengelolaan alam dalam mengolah pertanian pun saat ini adalah menciptakan metode sawah apung di saat musim banjir. Hal ini tentunya harus dikawal dan didukung sepenuhnya oleh pemerintah agar program kami ini dijadikan program percontohan bagi kelompok tani se-Kabupaten Pangandaran,” paparnya.

Dengan kincir air yang dibuat IPPHTI dan Taruna Tani Mekar Bayu ini, warga pun menyambut gembira. Pemanfaatan alam dalam mengolah lahan pertanian ini pun mendapat apresiasi dari  dinas pertanian Kabupaten Ciamis. Beberapa waktu lalu, Distan Kab. Ciamis melakukan kunjungan lokasi kincir air.

Ano Supriatno (26) warga Dusun Cihideung RT 01 RW 06 mengaku sangat bangga dan lebih bersemangat dalam mengelola lahan. Dia pun menyatakan rasa terima kasihnya kepada IPPHTI yang telah membantu para petani di daerahnya.

“Bantuan ini sangat memotivasi kami dalam meneruskan langkah perjuangan nenek moyang kami sebagai petani. Saat ini para pemuda sudah mulai tidak berminat untuk berprofesi sebagai petani karena dianggap kotor dan hina. Justru sebaliknya kami sangat bangga dengan profesi kami,” ungkap Ano sembari meneriakkan yel yel “Merdeka tidak kekeringan lagi”. (Mad/Koran-HR)

About author

Related articles

2 Comments

  1. YANA September 21, at 11:18

    bohong ah berita teh ieu mah

    Reply
  2. YANA September 21, at 11:19

    sok buktiken ka lapangan mun eta kincir bisa nyaian sawah jadi wartawan teh kudu kooperatif dan nyata tulisan nya mesti bisa di buktikan bung...!!!!

    Reply

Leave a Reply