Lima SMA di Ciamis Terapkan Kurikulum 2013

28/09/2013 0 Comments
Lima SMA di Ciamis Terapkan Kurikulum 2013

Sejumlah guru di SMAN 1 Banjarsari tengah mengikuti kegiatan In House Tranning yang bertema ‘Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013’, Jum’at (27/6). Foto: Entang Saeful Rachman/HR

Banjarsari, (harapanrakyat.com),-

Lima Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Ciamis ditunjuk untuk menerapkan kurikulum 2013 yang tahun ini digulirkan oleh pemerintah. Lima sekolah tersebut, yakni SMAN 1 Ciamis, SMAN 2 Ciamis, SMAN 3 Ciamis, SMAN 1 Kawali dan SMAN 1 Banjarsari.

Untuk mempersiapkan agar pelaksanaan dan penerapan kurikulum 2013 berjalan lancar, lima sekolah tersebut terus mempersiapkan diri, terutama dalam peningkatan kualitas guru dalam mengajar.

Seperti halnya yang dilakukan SMAN 1 Banjarsari. Sebagai persiapan untuk menghadapi penerapan kurikulum 2013, sekolah tersebut, Jum’at (27/9), menggelar kegiatan In House Tranning yang bertema ‘Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013’. Kegiatan tersebut diikuti oleh seluruh guru di sekolah tersebut.

Kepala SMAN 1 Banjarsari, Drs. Tutuy Guntara, saat ditemui HR, di ruang kerjanya, Jum’at (27/9), mengatakan, setelah sekolahnya ditunjuk sebagai salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum 2013, berbagai persiapan dan pembenahan terus dilakukan.

“Dalam In House Tranning ini seluruh guru dibekali cara membuat RPP (Rencana Pembuatan Pembelajaran) dan metode pembelajaran secara saintific atau ilmiah berdasarkan standar yang tertuang dalam kurikulum 2013,” katanya.

Selain menggelar In House Tranning yang diselenggarakan sekolah, lanjut Tutuy, guru di sekolahnya pun ada yang mengikuti kegiatan work shop atau pelatihan terkait kurikulum 2013 di tempat lain. “Intinya seluruh guru di sini terus meningkatkan kualitas dalam mengajar sebagai tuntutan dalam melaksanakan kurikulum 2013 ini,” imbuhnya.

Menurut Tutuy, saat ini sekolahnya memiliki 52 guru dan seluruhnya berpindidikan minimal sarjana. Dengan begitu, secara SDM tenaga pendidik, sekolahnya sudah siap melaksanakan kurikulum 2013.” Mudah-mudahan dengan diterapkannya kurikulum 2013 di sekolah kami, bisa meningkatkan kualitas siswa,” imbuhnya.

Ditemui terpisah, Ruskandar salah seorang Guru SMAN 1 Banjarsari, mengatakan, sebagai tenaga pendidik dirinya siap melaksanakan kurikulum 2013.”Penerapan kurikulum 2013 hanya dilaksanakan di kelas satu saja, sedangkan kelas 2 dan kelas 3 masih mengunakan sistem KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan),” ujarnya. (Ntang/R2/HR-Online)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply