Pemkab Pangandaran Kekurangan 1000 PNS

09/09/2013 0 Comments
Pemkab Pangandaran Kekurangan 1000 PNS

Logo Kabupaten Pangandaran

Padaherang, (harapanrakyat.com),-

Penjabat Bupati Pangandaran, Endjang Naffandi, mengatakan, Pemkab Pangandaran saat ini masih kekurangan sekitar 1000 PNS untuk mengisi kekosongan di sejumlah kantor OPD. Karenanya, sambung dia, pihaknya akan segera mengusulkan ke pemerintah pusat untuk membuka rekruitmen CPNS di Pemkab Pangandaran.

“Pengangkatan atau rekruitment CPNS di Pemkab Pangandaran memang sangat dibutuhkan, bahkan mendesak. Karena saat ini masih banyak pejabat, seperti Kasi dan Kasubag, belum memiliki staf,” kata Endjang, kepada HR, di Padaherang, pekan lalu.

Menurut Endjang, akibat kekurangan personil, membuat beban kerja sejumlah pejabat menjadi berat. “Pejabat di Pangandaran masih seperti tukang cukur, semuanya dikerjakan sendiri, mulai mengetik surat sampai stempel pun dia kerjakan sendiri. Itu terjadi karena tidak memiliki staf,” ujarnya.

Endjang juga mengatakan, apabila rekruitment CPNS di Pemkab Pangandaran tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat, pihaknya akan meminta kuota CPNS dari pengangkatan CPNS TKK kategori II Pemkab Ciamis. “Artinya, TKK yang bertugas di Pangandaran, ketika dia lolos dalam tahapan seleksi CPNS kategori II, kita minta CPNS itu ditarik ke Pangandaran, tidak menjadi PNS di Pemkab Ciamis,” jelasnya.

Endjang pun mengaku saat ini pihaknya tengah menyusun kebutuhan PNS Pemkab Pangandaran yang akan diajukan ke Kementrian PAN (Pendayagunaan Aparatur Negara). “Kekurangan PNS ini tidak hanya terjadi di struktural saja, tetapi PNS fungsional pun sama kekurangan, terutama untuk kebutuhan guru, “ ujarnya.

Saat ini, lanjut Endjang, di Pangandaran lebih banyak guru non PNS ketimbang guru PNS. Begitu juga staff TU sekolah masih banyak non PNS. “Pelimpahan PNS dari Ciamis baru mendapat 3.964 PNS. Sementara jumlah ideal PNS di Pangandaran membutuhkan sekitar 5000 PNS. Artinya, saat ini Pemkab Pangandaran kekurangan sekitar 1000 PNS ,” ujarnya.

Menurut Endjang, pihaknya saat ini tengah menunggu tambahan PNS dari hasil pengangkatan CPNS kategori II. “ Kita belum tahu kebagian berapa PNS dari pengangkatan CPNS kategori II. Kalau kita sudah tahu, nanti dihitung berapa kekurangannya. Ya kalo dihitung perkiraaan, paling kita masih kurang sekitar 600 PNS,” katanya.

“Dan pada tahun 2014, kita akan berusaha membuka lowongan CPNS untuk menambah kekurangan 600 PNS tersebut,” pungkas Endjang. (Mad/Koran-HR)

About author

Related articles

0 Comments

No Comments Yet!

You can be first to comment this post!

Leave a Reply