(Pilkada Ciamis) 384.649 Warga Tidak Gunakan Hak Pilihnya

pleno KPUD (2)

Suasana saat pleno terbuka KPUD Ciamis terkait perhitungan rekapitulasi manual Pilkada Ciamis yang digelar di Gedung Islamic Center Ciamis, Minggu (29/9). Foto: Eli Suherli/HR

Ciamis, (harapanrakyat.com),-

Dari DPT (Daftar Pemilih Tetap) sebanyak  1,233,822, diketahui sebanyak 384.649 atau sekitar 31,18 persen calon pemilih tidak menggunakan hak pilihnya pada Pilkada Ciamis yang digelar 22 September lalu.

Sementara sebanyak 22,982 surat suara dinyatakan tidak sah. Dengan begitu, sebanyak 826.191 surat suara dinyatakan sah dan merupakan angka partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan Pilkada Ciamis tahun 2013.

“Tentunya kami akan mengevaluasi jumlah warga yang tidak menggunakan hak pilihnya. Kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk mengajak dan mensosialisasikan penyelenggaraan Pilkada Ciamis kepada masyarakat,” ungkap Ketua KPUD Ciamis, Kikim Tarkim, kepada HR, usai rapat pleno terbuka KPUD Ciamis terkait perhitungan rekapitulasi manual Pilkada Ciamis yang digelar di Gedung Islamic Center Ciamis, Minggu (29/9).

Akan tetapi, lanjut Kikim, pihaknya pun mengapresiasi kepada masyarakat yang telah berpartisipasi aktif dalam turut menyukseskan Pilkada Ciamis. Diharapkan, melalui partisipasi masyarakat ini akan terbangun pembelajaran politik yang baik bagi masyarakat.

”Kami lihat tahapan pelaksanaan Pilkada Ciamis mulai dari tahapan awal hingga masa akhir kampanye, berjalan lancar aman, tertib dan kondusif sesuai dengan harapan semua pihak,” pungkasnya.

Sebelumnya, dari 826.191 surat suara yang sah di 3.000 tempat pemungutan suara (TPS) di 36 Kecamatan di Kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran, pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Ciamis, Iing Syam Arifin-Jeje Wiradinata (SAJIWA) berhasil mengungguli perolehan suara dari pasangan calon lainnya pada Pilkada Ciamis yang digelar 22 September lalu.

Berdasarkan rapat pleno Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Ciamis terbuka terkait rekapitulasi perhitungan manual Pilkada Ciamis yang digelar di Gedung Islamic Center, Minggu (29/09), pasangan SAJIWA meraih suara terbanyak dengan memperoleh 495.522 suara atau 59,98 persen.

Sementara diposisi kedua disusul pasangan Calon Bupati- Wakil Bupati Ciamis, Bagus A. Wiwaha-Akasah (BERKAH) dengan mengumpulkan 157.701 suara atau 19,09 persen. Sedangkan diposisi ketiga diperoleh pasangan Calon Bupati- Wakil Bupati Ciamis, Budi Kurnia-Mita Permatasari (BUMI), dengan memperoleh 146.021 suara atau 17,67 persen. Posisi terakhir ditempati pasangan Calon Bupati- Wakil Bupati Ciamis, Heddy Suhendra-Yedi (HEDED) dengan memperoleh 26.941 suara atau 3,26 persen. (DSW/R2/HR-Online)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Leave a Reply